Coklat Dubai Pistachio | Shutterstock

Viral! Ini Resep Coklat Dubai dengan Isian Pistachio Anti Gagal

author
Dinda Karunia Putri
Kamis, 24 Oktober 2024 | 12:57 WIB

Belakangan ini coklat asal dari Dubai dengan isian pistachio sangat viral di re-cook oleh influencer-influencer yang memiliki ketertarikan di bidang cooking & baking. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang penasaran dengan rasa dan sensasi akan memakan coklat ini. 

Sebenarnya, apa sih yang membuat coklat ini begitu viral dan dicari banyak orang? Coklat ini memiliki ciri khas cipratan warna di bagian luar coklatnya, berisi knafeh dengan pistachio berwarna hijau dan campuran pasta tahini yang kental. Pasta tahini berasal dari Timur Tengah dan terbuat dari biji wijen yang dipanggang dan digiling.

Knafeh sendiri merupakan hidangan penutup khas Timur Tengah dengan rasa yang manis. Knafeh terbuat dari kue gulung kataifi yang direndam dalam sirup manis dan biasanya dilapisi keju. 

Coklat ini originalnya diciptakan oleh Sarah Hamouda, yaitu pendiri Fix Dessert Chocolatier yang merupakan sebuah toko dessert di Uni Emirat Arab. Fix itu sendiri singkatan dari “Freakin’ Incredible ‘xperience”.

Coklat Dubai Pistachio ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yang mana harganya mencapai 500 ribu hingga 700 ribu per batangnya, coklat ini juga bisa didapatkan dengan mudah lewat akun-akun jastip.

Jadi, apakah kamu tertarik membuat Coklat Dubai Pistachio di rumah? Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa mengikuti resep mudah berikut:

Bahan:

  • Coklat Couverture Chocolate 
  • 250 gram pistachio
  • 20 gram minyak sayur
  • ⅛ sdt garam 
  • 160 gram knafeh
  • 1 ½ sdm unsalted butter 
  • 100 gram white chocolate

Cara membuat:

  1. Untuk membuat pistachio butter, rebus 250 gram pistachio mentah, lalu rendam air dingin. Keringkan dan panggang dalam suhu 150 derajat celcius selama 13 menit.
  2. Haluskan pistachio dengan blender, hingga benar-benar halus. Kemudian, tambahkan 20 gram minyak sayur dan haluskan kembali.
  3. Potong-potong knafeh lalu sangrai dengan 1 ½ sdm unsalted butter hingga berwarna keemasan. Sisihkan dan tunggu hingga dingin.
  4. Campur knafeh yang sudah disangrai dengan ⅛ sdt garam, pistachio butter, 100 gram white chocolate yang sudah dilelehkan dan aduk hingga rata.
  5. Lelehkan couverture chocolate dan tuangkan ke dalam cetakan hingga menutup seluruh bagian cetakan. Tunggu hingga coklatnya mengeras.
  6. Tuangkan isian knafeh dan tutup kembali dengan lelehan couverture chocolate. Tunggu hingga mengeras dan coklat Dubai siap kamu santap.

Nah, itu dia resep untuk membuat Coklat Dubai Pistachio yang sedang viral yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

 

Sumber artikel: