Kalau kamu sedang ingin yang gurih-gurih dan pedas, 10 ayam goreng lokal ini wajib dicoba. | Shutterstock/Mo.Artist

10 Ayam Goreng Crispy Asli Indonesia yang Bikin Ketagihan

author
Dini Adica
Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:21 WIB

Kulitnya yang gurih dan crunchy, dagingnya yang lembut, berpadu dengan nasi putih yang hangat, membuat ayam goreng crispy atau fried chicken menjadi hidangan favorit siapa saja.

Meskipun ayam goreng ala Amerika adalah yang terpopuler, namun ada begitu banyak cara untuk membumbui, melapisi, mengasinkan, atau mengasap ayam goreng.

Versi standar Amerika adalah melapisi daging ayam dengan tepung atau adonan, lalu menggorengnya sampai garing dalam minyak banyak dan panas (deep fried).

Kalau kamu menyiramnya dengan kecap, jahe, dan bawang putih, lalu membalurinya dengan tepung kentang dan memasukkannya ke dalam kotak bento, kamu akan mendapatkan Tatsuta-age Jepang.

Baca juga: Metode dan Rekomendasi Menu Diet Intermittent Fasting

Sedangkan ayam goreng Korea dibuang tulangnya, digoreng dua kali, lalu dibaluri dengan gochujang (pasta cabai) yang pedas dan manis.

Di Indonesia, ayam goreng dari merek lokal pun diracik dengan berbagai bumbu, sambal, dan saus yang menggugah selera. Dari sambal matah, sambal ijo, saus keju, buldak, mentai, lalu diolah dengan cara digeprek, dibakar, atau polosan tanpa tambahan bumbu lain.

Ternyata, fried chicken asli Indonesia ini punya penggemar beratnya sendiri. Kalau kamu sedang ingin yang gurih-gurih dan pedas, 10 ayam goreng lokal ini wajib dicoba!

Keunikan dari ayam goreng Jatinangor House adalah, tiap paket nasinya dilengkapi Spicy Kailan Crispy. | Jatinangor House

1. Jatinangor House

Di Jatinangor House kita bisa memilih potongan yang large maupun medium dengan dua varian rasa: spicy dan original. Pilihan ayamnya dada atau paha atas (large), paha bawah atau sayap (medium), serta chicken strips.

Uniknya, masing-masing menu tersebut dilengkapi dengan sayur, yaitu Spicy Kailan Crispy. Untuk paket nasi spesialnya masih dengan tambahan scrambled egg.

Ingin yang sedikit beda, ada juga Spicy Chicken Burger dan Tofu Chicken Spicy Tender atau tahu garing pedas dengan irisan ayam, saus keju dan taburan kailan crispy.

2. Lazatto Chicken & Burger

Ayam goreng lokal asli Sukabumi ini menyajikan menu yang beragam seperti Ayam Sadaz (level 1-3), Chicken Steak, Chicken Burger, Midazz (mi goreng plus Ayam Sadaz), miprek (mi goreng plus ayam geprek).

Ayam gorengnya sendiri bisa dinikmati dengan saus balado, saus mentai, BBQ, blackpepper, garlic mayo, dan saus Thailand.

Hara Chicken, merek ayam goreng asal Klaten, Jawa Tengah, punya menu ayam geprek seekor utuh dengan beragam sambal lokal. | Instagram @harachicken

3. Hara Chicken

Merek ayam goreng lokal asal Klaten, Jawa Tengah, ini punya spesialisasi ayam geprek. Yang istimewa, ayam gepreknya punya varian rasa yang beragam.

Kamu bisa mencoba ayam geprek orisinal, sambal hijau, keju, atau ayam geprek dengan saus lada hitam, saus BBQ, serta saus hot BBQ with cheese.

Varian sambal lokalnya pun tak kalah beragam, dari sambal terasi, sambal matah, sambal rempah ireng, dan sambal daun jeruk.

Baca juga: Mengenal Tradisi Tumpeng Sebagai Simbol Perayaan

4. Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken boleh dibilang merek ayam goreng lokal paling lama, karena sudah berdiri sejak 2006. Saat ini Sabana sudah memiliki sekitar 3000 outlet di Pulau Jawa dan Sumatera.

Ayam gorengnya punya citarasa yang juicy di dalam dan renyah di luarnya. Buat yang suka pedas, coba ayam geprek, ayam buldak, juga ayam saus mentai, dan saus blackpepper.

Jika kamu ingin yang ekstra pedas, coba juga ayam sadas (sayap pedas), yang sayapnya dilumuri bumbu lumer super pedas.

Moon Chicken by Hangry punya spesialisasi ayam goreng Korea berikut segala cemilannya. | Moonchicken.id

5. Moon Chicken by Hangry

Spesialis ayam goreng Korea ini punya enam pilihan saus, dari saus Smokey Comet (gurih pedas dari bubuk paprika), saus Ganjeong (agak manis), saus Big Bang pedas, saus Louisiana star (dengan bumbu cajun), serta saus Honey Garlaxy (manis gurih).

Menunya cukup banyak, dari chicken skin, tteokbokki, moonbun, popbowl, ricebowl, moonbox (moon fried chicken atau korean chicken wings), dan popcorn chicken.

Kalau cuma ingin ngemil, pilih saja jumeokbap, kimchi, chicken wings, atau mandu (pangsit Korea isi ayam dan sayur cincang).

6. D'Besto Chicken & Burger

Pelanggan menyukai ayam goreng D’Besto yang ukurannya besar, gurih, dan garing. Menunya antara lain Ayam Sadas (saus pedas), Ayam Mozzadas (mozzarella plus saus pedas), Ayam Presto, Ayam CLBK (celup bakar).

Ada pula Chicken Shake Sapi Panggang (potongan ayam dengan taburan bubuk sapi panggang), serta ayam crispy utuh yang bisa dinikmati sekeluarga.

D’Besto juga menyediakan menu spageti dan burger.

Hm... siapa yang nggak mau ayam goreng cripsy dengan saus mozzarella seperti di D'Kriuk Chicken, yang sudah punya 3000-an outlet di seluruh Indonesia? | Instagram @dkriukchicken

7. D'Kriuk

Merek lokal yang sudah punya 3000-an outlet di seluruh Indonesia ini juga menawarkan ayam goreng ala Korea dengan saus andalannya, seperti Ayam Drakor, Ayam Saus Korean Mozza, juga Ayam Saus Dkribho atau saus Kpop yang asam, manis dan pedas.

Selain itu, D’Kriuk juga banyak bereksperimen dengan menu fried chicken bercitarasa lokal. Contohnya Ayam Geprek Mozza, Ayam BBQ Spicy Mozza, Ayam Keju Bakaran, dan Ayam Sambal Cakalang Kecap Bakaran.

Cemilannya pun lokal banget, dari sate ati ampela, kepala ayam crispy, usus, hingga otak otak.

Baca juga: Cerita Dibalik Rendang yang Kaya Rempah dan Proses Pembuatannya!

8. Richeese Factory

Ciri khas Richeese adalah ayam gorengnya yang disajikan dengan saus keju, atau saus BBQ dengan tingkat kepedasan 1-5.

Pilihan ayamnya terdiri atas paha, sayap, atau seekor ayam utuh. Kamu bisa menikmati ayam gorengnya dengan burger, kentang goreng, atau nasi.

Resto yang didirikan di Bandung tahun 2011 ini juga menyediakan side dish seperti sup krim, potato pom pom, cheese crackling (kulit ayam berlapis saus keju), chicken bites (ayam karage dengan bubuk pedas), juga perkedel.

Jika sedang ke Bali, jangan lupa cicipi ayam goreng cripsy sambal ijo dari Jaya Fried Chicken (JFC) yang outletnya ada di mana-mana. | Instagram @jayafriedchicken_center

9. Jaya Fried Chicken (JFC)

JFC merupakan penyelamat jika kamu ingin comfort food saat sedang bepergian ke Bali. Outletnya yang kini sudah mencapai 63 spot sangat mudah ditemukan di mana saja.

Menu utamanya ayam geprek yang disuguhkan dengan aneka sambal dan saus, dari sambal ijo, sambal matah, balado, BBQ, mozzarella, hingga blackpepper.

Menu unik lainnya adalah Ayam Gulai Crispy serta Mie Ya-Hot.

10. Hisana Fried Chicken

Tidak heran kalau ayam crispy-nya Hisana dikenal juicy dan kaya rasa, karena dimarinasi dengan racikan 12 bumbu rahasia sehingga gurihnya meresap sampai ke dalam.

Kamu bisa memilih varian dada, paha, dan sayap. Untuk side dish atau kudapannya tersedia kentang goreng, nugget, chicken fillet, jamur crispy, pentol crispy, serta kulit ayam crispy.

Kalau kamu suka dengan sambalnya, Hisana juga menjual sambal dalam toples dan pouch dengan varian sambal geprek, sambal terasi uleg, dan sambal bawang.

Nah, mana dari 10 ayam goreng lokal ini yang sudah kamu coba?

Sumber:

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-138060494/gak-kalah-enak-ini-14-rekomendasi-fried-chicken-lokal-yang-harganya-ramah-di-kantong?page=all

https://rscjindonesia.or.id/host-https-food.detik.com/info-kuliner/d-7535742/5-fried-chicken-lokal-enak-yang-belum-banyak-orang-tahu

https://www.nibble.id/fried-chicken-lokal/