|

Resep Empanada Mudah dan Enak, Makanan Favorit Paus Fransiskus

author
Dinda Karunia Putri
Senin, 9 September 2024 | 11:39 WIB

Empanada menjadi salah satu makanan favorit dan menjadi cemilan sehari-hari Paus Fransiskus. Sekilas makanan ini mirip dengan makanan khas Indonesia yaitu pastel yang berisi sayuran. Namun, berbeda dengan pastel, makanan ini biasanya berisi daging giling, ham, keju, daging ayam atau swiss chard yang biasanya disajikan bersama saus salsa blanca.

Empanada berasal dari Galicia (Spanyol) dan Portugal, Empanada atau Panada berasal dari kata Empenar yang memiliki arti membungkus atau melapisi kue.

Makanan ini mulai muncul ketika terjadinya invasi yang dilakukan oleh Bangsa Moor dibanyak wilayah Spanyol. Jika di negara kita umumnya Empanada atau Panada dibuat tidak terlalu besar, di Galisia Empanada memiliki ukuran yang lumayan besar hampir serupa dengan kue pai. 

Baca juga: Resep Pastel Yang Sulit Ditolak

Resep Empanada ini tidak hanya enak, tapi juga hadir dengan aroma yang menggugah selera. Wajar saja, jika makanan ini menjadi salah satu makanan favorit Paus Fransiskus. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak resep Empanada mudah dan enak yang dapat dikreasikan di rumah.

Resep Empanada

Waktu: 45 Menit

Sajian: 15 Buah 

Bahan:

1 butir telur, campur dengan 3 sdm air untuk olesan

Isi:

3 sdm minyak sayur untuk menumis

150 g bawang bombay, cincang

150 g wortel, cincang

120 g buncis, cincang

100 g zucchini, cincang

3 sdm minyak wijen

½ sdt jintan bubuk

½ sdt cabai bubuk

½ sdt garam 

Baca juga: Makanan Favoritt Paus Fransiskus

Adonan kulit:

250 g tepung terigu serbaguna, ayak

¼ sdt garam

130 g mentega tawar, dinginkan, potong-potong

1½  sdm air es

1 butir telur ayam

Cara membuat:

  1. Isi: Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu. Tambahkan sisa bahan. Masak hingga semua bahan matang. Angkat. Sisihkan.
  2. Kulit: Campur terigu, garam, dan mentega menggunakan 2 buah garpu. Masukkan air es  dan telur. Aduk rata hingga adonan berbutir. Dinginkan di kulkas hingga padat.
  3. Gilas adonan. Cetak bulat dengan diameter 10 cm (akan menjadi 15 bagian). Sendokkan bahan isi. Lipat hingga berbentuk setengah lingkaran.
  4. Rekatkan pinggiran Empanada dengan ujung garpu dengan cara ditekan-tekan perlahan. Tusuk-tusuk bagian tengahnya menggunakan garpu agar adonan matang secara merata. Olesi telur.
  5. Panggang dalam oven bersuhu 180º C hingga matang selama ± 35 menit. Keluarkan. Angkat. Sajikan panas. 

Selamat mencoba!

 

Sumber Artikel: 

https://femina.co.id/snacks/resep-empanadas 

https://id.wikipedia.org/wiki/Empanada