Paus Fransiskus |

Mengintip Makanan Favorit Paus Fransiskus

author
Dewi Shinta N
Kamis, 5 September 2024 | 10:24 WIB

Masyarakat Indonesia, terutama umat Katolik tengah bersuka cita berkat kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan. Diketahui, Paus Fransiskus tiba di Jakarta pada Selasa (3/9/2024) pukul 11.25 WIB dalam rangka perjalanan apostolik Paus ke sejumlah negara di Asia. 

Selama berada di Tanah Air, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma ini dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo, bertandang ke masjid Istiqlal dan gereja Katedral, serta memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik dari berbagai penjuru

Terlepas dari suka cita tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengetahui kebiasaan sang Paus, termasuk makanan yang beliau makan. Lantas, apa saja makanan Paus Fransiskus saat di Indonesia?

Baca juga: Fakta Menarik Makanan Viral Cromboloni

Saat ditanya mengenai makanan yang dihidangkan, Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, menyebutkan, Paus Fransiskus memiliki santapan khusus. "Salah satunya adalah menyajikan makanan yang sudah biasa bagi beliau. Ada chef khusus yang disiapkan buat beliau," tandasnya.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo mengungkap bahwa Paus Fransiskus akan menjaga asupan selama lawatannya di Indonesia karena faktor kesehatan.

Jika mengacu pada makanan favoritnya, ada beberapa makanan yang menjadi makanan favorit Paus Fransiskus, yakni:

1. Membrillo dan selai quince (Cydonia oblonga)

Membrillo dan selai quince (Cydonia oblonga) |

Mengutip dari kompas.id, dalam laman mashed Paus Fransiskus biasa menyantap santapan pagi dengan jus jeruk segar yang baru diperas dan membrillo. Membrillo adalah sejenis pasta Argentina dengan selai quince/ Cydonia oblonga (sejenis buah mirip pir khas Argentina). Selai ini memiliki rasa khas manis dan masam yang tajam.

2. Steamed Lobster 

Steamed Lobster |

Melansir dari Catholic News Agency, seorang koki yang pernah menyajikan makanan untuk Paus Fransiskus saat kunjungan di New York 2015, Lidia Bastianich, mengungkapkan bahwa Paus Fransiskus hanya menyantap makanan yang "ringan" demi kesehatannya.

Bastianich menyiapkan makanan khas Italia utara, yaitu steamed lobster atau lobster kukus yang dipadu dengan tomat heirloom dan keju burrata homemade. Tomat heirloom merupakan salah satu kultivar tomat nonhibrida yang memiliki cita rasa masam segar. Sementara itu, keju burrata merupakan keju khas Italia Selatan yang terbuat dari keju mozzarella segar dan krim. Teksturnya padat di luar dan lembut di dalam.

Baca juga: Sup Terkenal dari Berbagai Negara

3. Pizza

Pizza Neapolitan |

Bukan rahasia umum jika Paus Fransiskus sangat menyukai pizza. Pada tahun 2013, ia merayakan ulang tahunnya dengan pizza sepanjang empat meter. Bahkan, dalam sebuah wawancara siaran di Meksiko pada 2015, ia menyatakan salah satu impiannya adalah pergi keluar tanpa dikenali dan makan pizza langsung di restorannya. Salah satu pizza yang menjadi favorit sang paus ini adalah Pizza Neapolitan.

4. Empanada

Empanada |

Sebagai orang Argentina, Paus Fransiskus sangat menyukai empanada sebagai camilan sehari-hari. Makanan ini memang mirip dengan pastel khas Indonesia. Di dalamnya berisi daging, keju, telur, sayuran, atau bahkan buah-buahan. Sedangkan, bagian luar atau kulitnya terbuat dari adonan tepung. 

5. Alfajores

Alfajores |

Mengutip dari Kompas.com Terkadang, teman-teman dari Argentina datang ke Vatikan dan membawa oleh-oleh kue kesukaan Paus Fransiskus, yakni alfajores. Alfajores adalah kue manis berupa sepasang kue dilekatkan isian selai manis khas Argentina. Kue ini biasanya berisi selai rasa coklat, taburan gula biasa, selai buah, jeli, madu dan musse coklat. 

6. Mate Tea

Mate tea |

Paus Fransiskus juga menyukai mate tea atau teh mate. Teh herbal yang sudah berusia ratusan tahun dan sudah lama populer di tempat-tempat seperti Argentina, Brasil, dan Uurguay. Menurut pakar diet dan edukator diabetes Caroline Thomason, meski masih mengandung kafein, teh herbal ini memiliki banyak khasiat karena kandungan antioksidan, kandungan vitamin C, rangkaian vitamin B, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan potasium. 

Itu dia beberapa makanan favarit Paus Fransiskus. Meski dikenal menyukai olahan pasta, sayangnya, Paus tidak boleh makan pasta terlalu banyak demi kesehatannya. Bukan hanya pasta, dia juga dilarang mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, berminyak, dan semua buah harus tanpa biji untuk membantu pencernaannya.

 

Sumber: