Cromboloni |

Fakta Menarik Makanan Viral Cromboloni

author
Dewi Shinta N
Jumat, 16 Agustus 2024 | 11:35 WIB

Apakah kamu pernah mendengar kata Cromboloni? Pasti pernah. Makanan yang sempat viral ini digemari banyak orang karena memiliki tekstur yang renyah dan isian cokelat atau tiramisu yang lumer di mulut. 

Dibalik rasanya yang lezat. Ternyata cromboloni memiliki beberapa fakta menarik. Cromboloni adalah gabungan nama antara croissant serta bomboloni. Lalu, apa lagi fakta lainnya? Yuk simak informasinya!

Cromboloni Baru Saja Lahir

Jika croissant berasal dari Prancis sejak tahun 1839 dan Bomboloni dari Italia sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, cromboloni baru diciptakan pada tahun 2022 oleh seorang chef terkenal asal New York, Amerika Serikat, bernama Scott Cioe. Cioe merupakan seorang executive pastry chef di Lafayette Grand Cafe & Bakery New York. 

Pertama kali diciptakan, Cioe memberinya nama cromboloni sebagai 'The Supreme' atau 'New York Roll’, bukan cromboloni. Belum diketahui awal mula nama cromboloni, namun banyak yang berpendapat jika nama tersebut muncul secara spontan sebagai singkatan dari kombinasi croissant dan bomboloni.

Baca juga: Ini Dia Cerita Unik di Balik Burger

Cromboloni Merupakan Inovasi dari Croissant 

Pencipta cromboloni yakni Chef Cioe membuat hidangan ini karena ingin menkreasikan croissant supaya lebih menarik. Croissant pada dasarnya hanya memiliki satu bentuk saja, yakni berbentuk seperti bulan sabit. Supaya tidak bosan dengan tampilan dan rasanya, maka dibuatlah inovasi dari croissant. 

Bisa dikatakan kalau cromboloni memiliki base yang sama dengan croissant. Karena adonan dasarnya merupakan pastry yang sengaja dibuat agak flaky lalu dicetak berbentuk bulat. 

Setelah matang dan dingin, pada salah satu sisinya akan dibolongi dan diisi dengan isian krim. Inilah yang membuat tampilannya mirip dengan bomboloni karena juga dibolongi salah satu sisinya dan diberi isian krim.

Termasuk Hidangan Fusion Food

Banyak orang yang kerap bingung menyebut cromboloni dengan sebutan apa. Sebab hidangan ini adalah hasil campuran dari pastry croissant dan bakery bomboloni.

Tak ada yang salah dengan pastry atau bakery. Cromboloni termasuk dalam keduanya. Jadi, cromboloni adalah hidangan kue pastry sekaligus bakery. Oleh karena itu cromboloni sering dikatagorikan sebagai fusion food.

Baca juga: Ada Roti Setipis Tisu? Yuk, Kenalan dengan Tissue Bread yang Lagi Viral!

Kenapa Bisa Viral?

Awal mula cromboloni viral adalah ketika pengguna TikTok asal Dubai dengan nama akun mariavehera257 membagi unggahan memakan cromboloni. Ia memang sering mengulas makanan khas restoran Dubai, hingga konten cromboloni miliknya mendapat reaksi yang baik bagi pengguna TikTok Indonesia.

Keviralan cromboloni, didukung dengan hadirnya sebuah kafe di Indonesia yang menjual makanan tersebut. Kemudian orang-orang Indonesia mulai tergiur untuk mencoba cromboloni dan membuat video reaction. Dari situ kemudian nama cromboloni semakin viral di jagat maya Indonesia.

Bisa Bikin di Rumah

Jika ingin mengkreasikan cromboloni sendiri, kamu bisa mencobanya di rumah. Untuk membuat cromboloni yang mudah di rumah, Cookin punya rekomendasi resepnya, Cookiners, yakni menggunakan puff pastry instan. Berikut caranya:

Bahan-bahan

 

  • 1 butir kuning telur
  • 1 lembar puff pastry instan
  • Selai dengan berbagai rasa sesuai selera

Cara pembuatan

 

  • Siapkan papan sebagai alas untuk menggilas puff pastry.
  • Bentangkan puff pastry di atas papan yang permukaannya rata, lalu gilas perlahan dan menyeluruh ke seluruh bagian dengan rolling pin. 
  • Setelah itu bentuk adonan puff pastry membentuk cromboloni.
  • Potong adonan menjadi ukuran memanjang. 
  • Gulung lembaran adonan seperti saat membuat croissant. 
  • Gulung potongan adonan tadi membentuk seperti bola dengan banyak ruas di bagian dalamnya.
  • Lakukan langkah ini sampai adonan habis. 
  • Setelah itu, letakkan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang. Olesi dengan kuning telur agar hasil akhir permukaan cromboloninya mengkilap.
  • Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang cromboloni selama kurang lebih 20-25 menit.
  • Setelah matang, diamkan cromboloni untuk beberapa saat sampai suhunya menurun.
  • Selanjutnya, siapkan filling untuk cromboloni dari selai kesukaanmu. Bisa selai rasa cokelat, greentea, maupun stroberi. 
  • Masukkan selai ke whipping bag, lalu lubangi ujungnya. Jika cromboloni sudah dingin, lubangi salah satu sisinya dengan sumpit. 
  • Lubang ini nantinya digunakan untuk memasukkan filling yang sudah dibuat. Masukkan isian ke cromboloni secukupnya atau sesuai selera. 
  • Cromboloni siap dinikmati. 

Itu dia beberapa fakta cromboloni. Yuk coba bikin resepnya di rumah, selain cocok buat teman ngemil, bisa juga buat jadi ide konten masak kamu kali ini. Selamat mencoba, Cookiners!