Remas potongan pare dengan garam untuk mengurangi pahitnya. | Shutterstock

Selain Garam, Bahan-Bahan Ini Bikin Olahan Pare Nggak Pahit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 9 Agustus 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Umumnya, pare dimasak dengan cara ditumis bersama bahan lain sebagai lauk. Meski pare sudah terkenal dengan rasa pahitnya, namun tetap saja banyak yang menjadikan pare sebagai makanan favoritnya. Salah satunya, mungkin karena mereka bisa memasak pare menjadi tidak pahit. Bagaimana caranya? Ini dia tips memasak pare agar tidak pahit.

Pare merupakan sayuran yang sangat mudah ditemukan dan dikonsumsi di Indonesia. Biasanya pare ditumis bersama ikan teri, irisan tempe, atau disayur menggunakan tambahan santan. Pare juga memiliki rasa yang khas, yaitu pahit yang berasal dari senyawa alkaloid momordisin. 

Rasa pahit itu dapat membuat beberapa orang cenderung tidak suka, namun pada kenyataannya, senyawa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bersama kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin C, K, E, folat, potassium, kalsium, fosfor, dan serat, menjadikan pare memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • menurunkan gula darah
  • meningkatkan imun tubuh
  • memelihara kesehatan tulang
  • membantu menurunkan kolesterol
  • mencegah sel kanker
  • menjaga kesehatan slauran cerna

Cek resepnya: Mau Olahan Pare Kamu Enak? Intip Kombinasi Bumbunya Yang Pas Di Sini

Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Untuk Cookiners yang ingin tetap mendapatkan manfaat baik dari makan pare namun tidak terlalu suka rasa pahitnya, cara berikut ini bisa mengurangi rasa pahit pada pare tanpa mengurangi kandungan nutrisinya.

1. Buang isinya

Pare yang masih segar memiliki biji di dalamnya. Nah, sebelum mengolah pare menjadi sayuran, buang isi atau biji pare terlebih dahulu. Perlu diketahui, bagian biji juga menyumbang rasa pahit pare.

Buang isinya lalu bersihkan hingga bagian putih di dalamnya hilang. Cookiners bisa mengeroknya menggunakan sendok atau pisau.

2. Potong kecil atau iris

Pare dalam bentuk utuh akan lebih sulit dihilangkan rasa pahitnya ketika akan dimasak. Oleh karena itu, sebaiknya iris pare menjadi bagian yang lebih tipis.

3. Remas dengan garam

Ini adalah bagian penting untuk menghilangkan rasa pahit pada pare, yaitu dengan meremasnya menggunakan garam. Setelah diiris dan sebelum dicuci, remas pare dengan garam hingga teksturnya sedikit lunak dan mengeluarkan air.

Garam akan membantu menghilangkan senyawa pahit pada pare, sekaligus bisa menjaga warna hijau pare setelah dimasak nanti.

4.Tambahkan air hangat

Setelah diremas dengan garam, tambahkan dengan air hangat lalu rendam hingga beberapa menit. Setelah itu, bilas dan cuci bersih pare di bawah air mengalir.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tips Mengurangi Rasa Pahit Pada Pare

5. Rebus dengan daun jambu biji

Selain diremas menggunakan garam, Cookiners juga bisa merebus pare yang sudah dibuang bijinya, bersama beberapa lembar daun jambu biji. Rasa sepat pada daun jambu biji dapat menetralisir rasa pahit pada pare.

Setelah air rebusan mendidih, buang air rebusan, lalu bilas dengan air bersih. Pare kemudian bisa diolah sesuai resep yang Cookiners inginkan.

6. Rebus bersama gula, garam, dan cuka

Jika tidak menemukan daun jambu biji, Cookiners juga bisa merebus pare dengan menambahkan gula, garam, dan cuka. Cara ini juga sangat ampuh mengurangi rasa pahit pada pare setelah dimasak nanti.

Cookiners cukup sediakan secangkir cuka putih, dua sendok makan gula dan dua sendok makan garam. Campurkan semuanya pada air yang digunakna untuk merebus pare. Biarkan pare mendidih selama 2-3 menit lalu tiriskan dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, masak pare seperti yang diinginkan.

7.Olah bersama bumbu yang memiliki rasa kuat

Mengolah pare bersama bumbu-bumbu yang memiliki rasa kuat terbukti bisa mengurangi rasa pahit pare setelah matang. Cookiners bisa menumis pare dengan tambahan cabai yang banyak. Rasa pedas bisa menyamarkan rasa pahit pare.

Selain itu, Cookiners juga bisa menambahkan ikan teri pada masakan pare. Rasa asin pada ikan teri juga bisa membantu mengurangi rasa pahi pare.

 

Dengan beberapa cara memasak di atas, Cookiners kini tak perlu takut lagi masakan parenya memiliki rasa pahit yang kuat. Sedikit rasa pahit yang tertinggal dari pare bagi beberapa orang justru akan menambah kenikmatan saat memakannya bersama nasi hangat. Untuk resep olahan masakan berbahan pare, Cookiners bisa melihatnya di Cookin.id




Sumber:

https://blog.segari.id/tips-cara-memasak-pare-agar-tidak-pahit/

https://sajiansedap.grid.id/read/103623402/tips-mengolah-pare-supaya-warnanya-tetap-hijau-dan-gak-pahit-antigagal-kalau-pakai-trik-ini?page=all

https://www.orami.co.id/magazine/cara-memasak-pare-agar-tidak-pahit?page=all

https://probolinggo.inews.id/read/328537/ada-yang-bertanya-kenapa-buah-pare-rasanya-pahit-ternyata-ini-penyebabnya