Merebus dengan api kecil menjadi salah satu trik menghasilkan kaldu yang bening. | Shutterstock

Bikin Kaldu Ayam Bening Pasti Sukses dengan Cara Ini!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 8 Agustus 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Mencoba bikin kaldu ayam sendiri, tapi hasil kaldunya keruh? Kamu nggak sendirian, Cookiners. Perkara kaldu ayam keruh bikin masakan memang terlihat kurang menggiurkan. Nah, agar kaldu ayam antikeruh, berikut ini cara bikin kaldu yang bisa Cookiners coba.  

Kaldu, terutama kaldu ayam sangat banyak digunakan untuk berbagai macam masakan sehari-hari. Selain menambah rasa gurih pada masakan, kaldu ayam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan tulang, serta menjaga sistem pencernaan.

Biasanya, kaldu dibuat menggunakan tulang ayam atau bagian ayam tertentu yang kaya akan vitamin dan mineral. Untuk menambah rasa dan aroma, kuah kaldu juga ditambahkan beberapa rempah dan bahan lain seperti daun seledri, peterseli, bawang bombai, bawang putih, lada, dan wortel.

Sekilas, untuk membuat kaldu ayam proses memasaknya sangat mudah, hanya tinggal cemplung semua bahan, lalu direbus hingga matang. Namun jika dimasak dengan cara yang kurang tepat, kaldu ayam akan keruh dan berbau amis. 

Cookiners yang ingin membuat kaldu ayam yang bening, berikut tips yang bisa dilakukan:

1. Buang air rebusan pertama

Agar air kaldu ayam antikeruh, disarankan untuk melakukan blansir pada tulang atau ayam terlebih dahulu untuk membuang kotoran atau sisa-sisa darah. Teknik blansir ini adalah dengan merebus tulang atau potongan ayam, kira-kira selama 5 menit saja. Lalu buang air rebusan pertama ini.

Tonton Videonya: Dingin-Dingin Enaknya Makan Sop Rebung Sayap Ayam Gurih Ini

2. Buang busa

Setelah air rebusan pertama dibuang, lalu rebus kembali tulang atau potongan ayam dengan air yang baru. Dalam rebusan kedua ini, biasanya tetap akan muncul busa. Busa inilah yang harus dibuang karena akan menimbulkan bau amis dan kaldu menjadi keruh. Buang busa menggunakan saringan hingga benar-benar tidak ada lagi.

3.Jangan menghaluskan bumbu

Selain tulang dan potongan ayam, untuk menambah rasa dan aroma biasanya ditambahkan berbagai bumbu ke dalamnya. Nah, agar kuah kaldu tetap jernih, sebaiknya bumbu yang dimasukkan ke dalam kaldu jangan dihaluskan. 

Usahakan untuk memasukkan bumbu atau bahan lain dalam keadaan utuh atau dalam potongan besar, misalnya bawang bombai yang hanya dibelah dua, bawang putih yang digeprek, atau daun seledri yang diikat, bukan dipotong, apalagi diiris.

4.Hindari memasukkan semua bahan bersamaan

Masukkan tulang atau potongan ayam terlebih dahulu. Untuk membuat kaldu ayam, biasanya dibutuhkan waktu lebih dari 2 jam. Hindari memasukkan semua bahan bersamaan dengan tulang atau potongan ayam. Jika dimasukkan bersamaan, bahan-bahan lain akan hancur dan akan membuat kaldu menjadi keruh.

5.Rebus dengan api kecil

Untuk membuat kaldu dengan rasa yang lebih kuat, disarankan untuk merebus kaldu lebih lama dan gunakan api kecil. Dengan begitu, sari-sari tulang dan potongan ayam akan keluar dengan maksimal.

Baca juga: Ini 2 Cara Jitu Membuang Lemak Pada Kaldu Iga Atau Buntut

6.Jangan ditutup

Selama merebus kaldu, sebaiknya biarkan panci tanpa tutup. Jika menggunakan tutup, uap yang menempel pada tutup akan jatuh kembali ke dalam panci dan bisa membuat kaldu menjadi keruh.

7.Saring Setelah dimasak

Ketika kaldu sudah mencapai kekentalan yang diinginkan, angkat dan biarkan dingin di suhu ruang. Lalu saring kaldu menggunakan saringan berlubang kecil, seperti saringan terigu sehingga benar-benar bisa memisahkan kotoran berukuran kecil yang membuat tampilan kaldu menjadi keruh.

Namun jika Cookiners sudah terlanjur membuat kaldu ayam yang keruh, hal itu bukan menjadi masalah karena tidak semua masakan membutuhkan kaldu yang bening. Ingat, penampilan bukan segalanya, asalkan rasanya tetap gurih dan lezat.

Cookiners bisa mempraktikkan tips di atas untuk membuat kaldu ayam selanjutnya. Jika masih bingung akan masak apa menggunakan kaldu, Cookiners bisa intip resep-resep simpel di Cookin.id.





Sumber:

https://www.culinarycrush.biz/all/how-to-make-clear-stock

https://sajiansedap.grid.id/amp/103608278/3-kesalahan-fatal-dalam-memasak-kaldu-sendiri-di-rumah-jangan-lagi-dilakukan-mulai-hari-ini?page=all

https://www.denverpost.com/2017/09/21/get-cooking-avoid-mistakes-when-making-stock/

https://www.thekitchn.com/does-it-matter-if-your-stock-is-cloudy-224415