Ternyata penambahan sedikit tepung sagu dalam adonan membuat kulit risol nggak mudah sobek. | Shutterstock

Cara Membuat Kulit Risol yang Nggak Mudah Sobek

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 7 Agustus 2024 | 11:33 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Jika ingin membuat kulit risol yang lentur dan tidak mudah sobek, sebaiknya jangan hanya menggunakan tepung terigu. Cookiners bisa mencampurnya dengan sedikit tepung sagu atau tapioka. Itu baru satu tips saja. Berikut ini tips lainnya untuk bikin kulit risol yang tidak mudah sobek.

Siapa yang tidak suka dengan jajanan yang satu ini? Semua orang pasti menyukai rasa risol yang gurih dan teksturnya renyah di luar, berpadu dengan beragam isian. Jenis isian risol bermacam-macam seperti potongan sayuran, sosis, keju, dan telur mayones, fla jagung, daging ayam, atau ragout wortel kentang. Semuanya tentu sangat enak dan makan satu potong saja rasanya kurang.

Nah, daripada membeli risol di luar, Cookiners bisa mencoba membuat sendiri risol di rumah. Selain bisa mendapatkan lebih banyak risol dalam satu kali adonan, isiannya pun bisa disesuaikan dengan selera Cookiners dan anggota keluarga lainnya.

Namun, yang kerap menjadi tantangan ketika membuat risol sendiri di rumah adalah kulit risol yang mudah sobek sehingga sulit untuk diisi dan digulung dengan rapi. Dirangkum dari berbagai sumber, kulit risol gampang sobek karena beberapa hal, seperti bahan pembuatan adonan yang kurang tepat atau cara memasak kulit risol yang salah.

Baca juga: Dari Misoa Sampai Pasta, Ini 7 Kuliner Enak di Fresh Market Bintaro

Berikut ini tips bikin kulit risol yang tidak mudah sobek.

1. Campur tepung terigu dengan sedikit tepung sagu

Jika ingin membuat kulit risol yang lentur dan tidak mudah sobek, sebaiknya jangan hanya menggunakan tepung terigu, tetapi campurkan dengan sedikit tepung sagu atau tapioka. Untuk takarannya, 250 gram terigu, campurkan dengan 3 sendok makan tepung sagu/kanji atau tapioka.

2. Tambahkan susu cair

Adonan kulit risol yang hasilnya tidak mudah sobek adalah yang encer dan licin. Jika adonan terlalu kental, akan sulit meratakan ke seluruh bagian teflon sehingga membuat kulit risol lebih tebal dan sulit dilipat. Agar adonan encer, Cookiners bisa menambahkan susu cair sehingga hasilnya bukan hanya tidak mudah sobek, tetapi juga lebih lembut dan rasanya lebih gurih.

3. Saring adonan

Setelah adonan mencapai tekstur yang licin dan encer, sebaiknya saring adonan agar kulit yang dihasilkan akan lebih mulus dan tidak ada gerindil yang tersisa.

4. Istirahatkan adonan

Sebelum dimasak, sebaiknya istirahatkan adonan selama 15-20 menit. Hal itu bertujuan agar adonan akan semakin lentur, halus, dan licin sehingga tidak akan mudah sobek.

Baca juga: Tips Kulit Risoles Tipis dan Lentur

5. Panaskan teflon terlebih dahulu

Sebelum memasukkan adonan, pastikan teflon telah panas terlebih dahulu. Hal itu sangat berpengaruh untuk membuat kulit risol tak mudah sobek. Lalu masukkan adonan sebanyak satu sendok sayur, kemudian ratakan dengan memiringkan dan memutar teflon hingga adonan menutupi semua permukaan teflon.

6. Masak dengan api sedang dan tidak menutup wajan

Memasak kulit risol dengan api kecil justru akan membuatnya mudah menjadi kecoklatan. Gunakan api sedang dan sebaiknya tidak menutup wajan untuk menghindari tetesan uap air yang ada di tutup wajan.

7. Jangan tunggu kulit risol kering

Kulit risol yang dimasak terlalu kering akan membuat elastisitasnya berkurang dan mudah sobek. Oleh karena itu, jika bagian pinggir adonan sudah mengelupas, segera angkat kulit risol. Jangan takut jika kulit risol belum terlalu matang karena nantinya toh kita masih akan goreng lagi kulit risol tersebut.

Dengan tips-tips di atas, kulit risol akan lembap, elastis, tidak mudah sobek, dan tidak lengket satu dengan lainnya meski ditumpuk. Selain itu, disarankan untuk membuat adonan kulit risol untuk satu kali habis. Maksudnya, tidak ada sisa adonan yang tersisa kemudian disimpan di lemari es. Adonan yang keluar dari lemari es, meski sudah berada di suhu ruang, akan mudah sobek dan kering ketika dimasak. Nah, Cookiners, selamat mencoba!



Sumber:

https://media.bakingworld.id/tips/5-tips-membuat-kulit-risol-elastis-dan-tidak-mudah-sobek

https://harianlenteraindonesia.co.id/2021/03/29/cara-membuat-kulit-risol-tidak-mudah-sobek-atau-elastis/

https://m.kumparan.com/kumparanfood/catat-ini-tips-agar-kulit-risol-tak-mudah-sobek-1534494227605728351/full