Dengan metode merebus yang tepat, kacang hijau cepat empuk. | Shutterstock

Merebus Kacang Hijau Cepat Empuk Pakai Metode 7-30-5

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 30 Juli 2024 | 11:59 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Cookiners tidak perlu takut lagi merebus kacang hijau akan membuat gas di rumah cepat habis. Dengan tips dan teknik masak yang mudah berikut ini, dijamin merebus kacang hijau akan sangat membantu untuk menghemat waktu dan gas. Hasilnya juga kacang hijau menjadi empuk.

Kacang hijau menjadi salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Banyak kudapan atau makanan yang terbuat dari olahan kacang hijau seperti bubur kacang hijau, gandasturi, onde-onde, dan peyek kacang hijau. Namun di antara itu, bubur kacang hijaulah yang paling banyak dan sering dimasak oleh masyarakat Indonesia.

Bubur kacang hijau adalah makanan khas Nusantara asal Madura. Untuk membuat makanan ini, dibutuhkan kacang hijau, santan, gula, jahe, dan pandan. Selain rasanya yang lezat dengan perpaduan manis dan gurih, bubur kacang hijau juga banyak disukai karena termasuk makanan yang sehat dan bergizi.

Kacang hijau kaya akan protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, dan mineral. Selain itu, kacang hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan. 

Sejumlah manfaat mengonsumsi kacang hijau secara rutin antara lain membantu mengontrol tekanan darah, agen anti kanker, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu mengontrol berat badan.

Baca juga: Coba, yuk! 5 Cara Menggoreng Ikan Tidak Meletup

Tips Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk

Seperti telah disebutkan di atas, untuk membuat bubur kacang hijau yang lezat, bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Cookiners hanya perlu menyediakan kacang hijau, santan, gula pasir atau gula merah, sedikit garam, dan daun pandan. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu bubur kacang hijau direbus hingga empuk lalu dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Meski mudah, namun tantangan justru kerap dialami ketika kita merebus kacang hijau. Dibutuhkan waktu merebus yang cukup lama untuk sampai kacang hijau menjadi empuk. Dan hal itu juga membuat pemakaian gas menjadi lebih boros.

Namun, dengan mengetahui beberapa tips berikut ini, Cookiners bisa merebus kacang hijau agar cepat empuk.

1.Direndam Minimal 30 Menit

Cuci bersih kacang hijau lalu rendam minimal selama 30 menit. Beberapa orang memilih merendam kacang hijau hingga semalaman agar cepat empuk saat direbus.

2.Masukkan ke Dalam Panci Saat Air Sudah Mendidih

Hal ini sangat penting dan menentukan untuk membuat kacang hijau cepat empuk. Pastikan air di dalam panci sudah mendidih, baru Cookiners bisa memasukkan kacang hijau ke dalamnya. Dengan cara ini, kacang hijau menjadi lebih cepat empuk. Jangan lupa untuk menambahkan daun pandan agar wangi.

Baca juga: Bubur Kacang Hijau Durian , Sekali Coba Susah Lupa

3.Metode 7-30-5

Setelah kacang hijau dimasukkan ke dalam air mendidih, rebus selama 7 menit lalu matikan kompor. Biarkan kacang hijau dalam panci tertutup selama 30 menit. Metode ini memanfaatkan sisa panas untuk tetap mematangkan kacang hijau meski kompor dalam keadaan mati. Setelah 30 menit, nyalakan kembali kompor lalu rebus kacang hijau selama 5 menit dengan panci dalam keadaan tetap tertutup.

4.Gunakan Api Sedang

Selama merebus kacang hijau, selalu gunakan api sedang. Merebus kacang hijau menggunakan api kecil hanya akan semakin memperlama waktu merebus. 

5.Tambahkan Bahan Lain

Setelah menyelesaikan metode merebus 7-30-5, biasanya kacang hijau sudah cukup empuk. Hal itu bisa dilihat dengan biji kacang hijau yang menjadi pecah. 

Setelah memastikan biji kacang hijau sudah pecah, Cookiners bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti gula pasir atau gula merah, jahe, sedikit garam, dan santan.

 

Dengan tips di atas, Cookiners bisa menghemat waktu dan menghemat gas untuk merebus kacang hijau. Cookiners bisa mencoba kreasi makanan lainnya yang menggunakan bahan kacang hijau di Cookin.id

 

Sumber:

https://www.healthifyme.com/blog/mung-beans/

https://www.kompas.com/food/read/2023/02/07/103300075/3-tips-rebus-kacang-hijau-supaya-cepat-empuk-dan-hemat-gas

https://www.liputan6.com/hot/read/5307565/8-cara-membuat-bubur-kacang-hijau-tips-agar-lembut-dan-tidak-keras?page=2