Kandungan air dalam ikan membuat minyak meletup saat menggoreng. | Shutterstock

Coba, yuk! 5 Cara Menggoreng Ikan Tidak Meletup

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 25 Juli 2024 | 19:03 WIB

 

Penulis: Sri Isnaeni

Ikan goreng, apa pun jenisnya memang lezat dan sehat. Namun untuk menggorengnya, dibutuhkan trik khusus agar minyak tidak meletup dan melukai diri. Ini dia tips menggoreng ikan agar minyaknya tidak meletup.

Cookiners takut menggoreng ikan? Jika iya, tenang, Cookiners tidak sendirian. Banyak orang sangat takut menggoreng ikan karena harus menghadapi letupan-letupan minyak dari dalam wajan. Tak jarang, letupan yang berisi minyak panas itu mengotori dapur dan mengenai bagian tubuh serta mengakibatkan luka bakar ringan hingga berat.

Namun jika kita selalu menghindari menggoreng ikan, rasanya akan sangat rugi, terutama bagi kesehatan satu keluarga. Pasalnya, ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik dan rendah lemak. Mengonsumsi ikan secara rutin bisa memberikan manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit kronis.

Oleh karena itu, memasukkan ikan ke dalam menu sehari-hari adalah suatu kebiasaan yang baik. Sementara untuk mengatasi letupan saat menggoreng ikan, Cookiners bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup

Letupan yang sering terjadi ketika kita menggoreng ikan, sebenarnya terjadi karena adanya kandungan air yang ada pada ikan. Ketika air itu bertemu minyak panas maka yang akan terjadi adalah letupan atau letusan.

Berikut ini tips menggoreng ikan agar tidak meletup.

  1. Tambahkan Tepung Terigu

Ini adalah tips yang paling banyak dilakukan oleh orang yang ingin menggoreng ikan. Taburkan satu sendok teh tepung ke dalam minyak yang sudah panas, lalu masukkan ikannya. Minyak tidak akan meletus atau meletup karena tepung terigu dapat menyerap kandungan air pada ikan.

Menambahkan satu sendok teh tepung terigu ke dalam minyak  bukan saja membuat minyak tidak meletup tetapi juga membuat ikan tidak lengket di penggorengan.

Baca juga: Ragam Olive Oil, Mana yang Cocok untuk Masakan Kamu?  

  1. Masukkan Potongan Jahe

Sediakan 1-2 ruas jahe lalu iris menjadi beberapa bagian. Masukkan irisan jahe ke dalam wajan yang sudah berisi minyak panas. Setelah itu, Cookiners bisa memasukkan ikan dan menggoreng seperti biasa. Sama seperti tepung terigu, jahe juga membantu menyerap air sehingga minyak tidak akan meletup.

Meski menambahkan jahe pada minyak, Cookiners tak perlu khawatir hal itu akan mengubah atau merusak rasa masakan karena rasa jahe tidak akan terasa.

  1. Taburi Garam

Tips ini mungkin terasa aneh bagi banyak orang karena memang belum banyak yang mengetahui. Taburi garam ke dalam minyak yang sedang dipanaskan di penggorengan. Jangan diaduk tetapi biarkan garam larut sendiri.

Setelah garam larut, Cookiners bisa masukkan ikan untuk digoreng seperti biasa. 

  1. Bungkus Dengan Daun Pisang

Ini adalah salah satu tips warisan turun-temurun dari orang tua zaman dahulu untuk menggoreng ikan agar minyaknya tidak meletup. Caranya, setelah ikan dimarinasi dan diberi bumbu sesuai resep, bungkus ikan menggunakan daun pisang.

Tak perlu tebal, cukup satu lapis daun pisang saja, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas. Saat ikan sudah matang, daun pisang pun akan ikut mengering, dan mudah untuk dilepaskan dari ikan.

Baca juga: Selain Ditumis, Ini 6 Cara Makan Ikan Sarden Kalengan Yang Harus Kamu Coba

  1. Pakai Tutup Wajan

Tips selanjutnya yang bisa Cookiners coba adalah menggoreng ikan lalu menutupnya pakai tutup wajan. Dengan begitu, jika minyak meletup, cipratannya tidak akan mengotori dapur dan mengenai bagian tubuh.

Jika ingin membalik ikan, Cookiners bisa mematikan kompor terlebih dahulu, kemudian buku tutup wajan dan balikkan ikan. Setelahnya, nyalakan kembali kompor dan tutup wajan. Begitupun ketika akan mengangkat ikan saat sudah matang, Cookiners bisa mematikan kompro terlebih dahulu baru angkat ikan.

Selain tips di atas, untuk menghindari minyak panas meletup saat menggoreng minyak, pastikan juga Cookiners menggunakan wajan atau penggorengan yang bersih dan kering dari sisa-sisa air cucian. Karena bisa jadi, minyak panas yang meletup berasal dari air yang masih ada di wajan.

 

Selain digoreng, ikan juga sangat mudah dikreasikan dengan berbagai resep dan hasilnya pun tak kalah lezat. Cookiners bisa mencontek resep-resep berbahan ikan di Cookin.id, yang pasti semuanya mudah untuk dipraktikkan.

Sumber:

https://www.popmama.com/life/health/faela-shafa/cara-menggoreng-ikan-agar-tidak-meletus

https://www.fimela.com/food/read/4958987/5-tips-menggoreng-ikan-agar-minyaknya-tidak-meletup-letup?page=4

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210823140536-267-684062/5-cara-agar-minyak-tak-meletup-saat-menggoreng#:~:text=Air%20akan%20menyebabkan%20minyak%20menciprat,tisu%20atau%20kain%20sebelum%20digunakan.

https://momsmoney.kontan.co.id/news/tanpa-minyak-berlebih-ikuti-4-cara-masak-ikan-goreng-anti-meletup

https://www.maggi.id/cara-menggoreng-ikan-agar-tidak-lengket/