Hilangkan getah labu sebelum diolah agar masakan semakin lezat. | Shutterstock

Aneka Cara Menghilangkan Getah Labu Siam

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 22 Juli 2024 | 13:53 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Salah satu tantangan memasak labu siam adalah adanya getah yang keluar setelah dikupas atau dipotong. Meski tak berbahaya, namun getah labu siam cukup merepotkan ketika kita menyiapkan masakan. Berikut ini aneka cara menghilangkan getah labu siam yang cukup mudah dan bisa langsung dicoba.

Labu siam, salah satu jenis sayuran yang sangat mudah diolah. Kamu bisa memasak labu siam mulai dari ditumis bersama bahan lain seperti udang, tahu atau telur, dibuat sayur godog, sayur bening, atau sayur lodeh. Labu siam memiliki tekstur renyah saat mentah dan menjadi lembut ketika sudah matang.

Umumnya, labu siam yang dipakai untuk sayuran adalah yang cukup tua dan memiliki kulit yang keras sehingga harus dikupas terlebih dahulu sebelum diolah. Nah, begitu mulai mengupas atau memotong labu siam, Cookiners akan melihat getah berwarna putih susu yang keluar dari kulitnya.

Meskipun tak berbahaya, getah ini cukup merepotkan ketika kita mulai memasak labu siam. Apalagi jika sudah menempel di tangan, akan terasa sangat lengket dan sulit dihilangkan. Getah labu siam juga bisa menimbulkan alergi pada kulit yang terkena.

Baca juga: Mau Bikin Yang Enak dari Labu Kuning? Ini 6 Ide Yang Bisa Kamu Coba

Cara Menghilangkan Getah Labu Siam

Sebelum bereksperimen dengan aneka resep labu siam, ada beberapa cara menghilangkan getah labu siam yang Cookiners bisa lakukan, antara lain:

1.Belah menjadi dua bagian

Sebelum dikupas, potong atau belah labu siam menjai dua bagian. Lalu gosok-gosok kedua sisi tersebut satu sama lain hingga semua getah labu siam keluar. Getah akan muncul dan terbentuk di sekeliling tepi dan permukaan sisi yang dipotong tadi. Lalu bersihkan atau kerok getah tadi menggunakan pisau. Setelahnya, Cookiners bisa melanjutkan mengupas dan mengiris labu siam untuk diolah sesuai resep.

2.Taburi garam

Kupas dan potong labu siam sesuai yang diinginkan, lalu masukkan ke dalam wadah. Taburi potongan labu siam dengan 1-2 sendok teh garam dapur. Remas-remas potongan labu siam hingga teksturnya sedikit lembut, lalu cuci menggunakan air bersih. Labu siam siap diolah menjadi berbagai masakan.

3.Rendam air

Untuk menghilangkan getahnya, Cookiners juga bisa merendam labu siam yang sudah dipotong atau dibelah menjadi dua bagian. Rendam labu siam selama 10-15 menit. Setelahnya, kupas dan potong labu siam sesuai keinginan.

Cek selengkapnya: Resep Labu Keputren Cumi Asin

Cara Menghilangkan Getah Labu Siam dari Tangan

Getah labu siam yang banyak keluar saat diolah juga kerap merepotkan karena biasanya getah itu akan menempel pada tangan. Tangan yang terkena getah labu siam sebaiknya segera dibersihkan menggunakan air dan sabun. Jika terlalu lama didiamkan, getah labu siam pada tangan akan semakin sulit dibersihkan. Pada beberapa orang, getah labu siam bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga membuat alergi.

Agar terhindar dari hal itu, beberapa cara berikut ini bisa Cookiners lakukan untuk mengatasi getah labu siam yang menempel pada tangan.

1.Minyak goreng

Getah labu siam yang terlanjur mengering di tangan biasanya tidak bisa hilang dengan cara dicuci menggunakan air dan sabun saja. Cookiners bisa menghilangkan getah labu siam itu menggunakan minyak goreng.

Caranya, lumuri minyak goreng ke bagian tangan yang terkena getah labu siam, lalu diamkan beberapa saat. Kemudian cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

2.Belimbing wuluh

Getah labu siam yang sulit dibersihkan di tangan, bisa diatasi dengan cara meremas belimbing wuluh. Caranya, potong-potong belimbing wuluh menjadi beberapa bagian, kemudian remas-remas, lalu cuci menggunakan air mengalir.

3.Minyak zaitun

Cookiners juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan getah labu siam yang menempel pada tangan. Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan, lalu ratakan ke semua bagian yang terkena getah labu siam. Kemudian cuci bersih menggunakan air dan sabun. Getah labu siam akan luruh bersama air.

Labu siam mengandung nutrisi penting, seperti vitamin A, B1, C, E, dan senyawa alami flavonoid. Kandungan tersebut membuat labu siam memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, antara lain bisa meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan memelihara kesehatan jantung.

 

Agar tidak bosan mengolah labu siam dengan cara yang itu-itu saja, Cookiners bisa mencoba berbagai resep labu siam yang ada di Cookin.id 


Sumber:

https://radartv.disway.id/read/18742/tips-bersihkan-getah-labu-siam-yang-menempel-ditangan

https://www.atmago.com/berita-warga/tips-menghilangkan-getah-pada-labu-siam_3374345f-8912-43ec-a958-f9b13bbc759a

https://www.fimela.com/food/read/5143459/cara-menghilangkan-getah-labu-siam-dengan-bahan-sederhana?page=2

https://sajiansedap.grid.id/amp/103506458/super-gampang-getah-labu-siam-lengket-di-tangan-bisa-langsung-bersih-pakai-buah-ini-jangan-pakai-sabun-dulu?page=3