Durian vulkanik lebih mahal dan enak dibanding durian monthong. | Shutterstock

Durian Vulkanik, Rasanya Dua Kali Lebih Enak Dibanding Durian Monthong!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 20 Juli 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Harga durian ini bisa bikin geleng-geleng kepala. Durian khantarak atau lebih dikenal sebagai durian vulkanik dari Thailan ini pernah laku dilelang dengan harga yang cukup fantastis. Penasaran ingin mencicipi durian vulkanik?

Thailand memang terkenal sebagai negara penghasil durian nomor satu di Asia. Sudah banyak jenis durian yang dihasilkan negara ini, yang juga sangat populer seperti monthong, kani, kanyao, dan thong yod. Dan kini, ada satu lagi varietas durian Thailand yang sedang terkenal, yaitu khantarak atau durian vulkanik. Durian khantarak lebih dikenal sebagai durian vulkanik karena ditanam di tanah yang mengandung zat potassium bekas letusan gunung berapi.

Pada sebuah lelang durian di provinsi Si Sa Ket, Thailand beberapa waktu lalu, durian khantarak laku terjual dengan harga 150.000 baht atau sekitar Rp66 juta. Dengan harga tersebut, durian khantarak menduduki peringkat kedua durian termahal di dunia, di bawah durian kanyao yang pernah terjual seharga Rp681 juta.

Dua Kali Lebih Enak Dari Durian Monthong 

Dilansir dari The Thaiger, durian vulkanik secara eksklusif tumbuh di daerah Thailand selatan. Awalnya, varietas ini muncul dari kebun buah milik Saiyut Jannsawang, seorang pensiunan pejabat pertanian, yang beralih mengelola perkebunan buah seluas 6 hektar. 

Kebun milik Saiyut menjadi yang pertama di Thailand Selatan yang membudidayakan durian vulkanik. Kebun buah Saiyut juga mengantongi sertifikat GAP (Good Agricultural Practices) sebagai perkebunan durian bebas bahan kimia.

Sejak setahun lalu, permintaan durian vulkanik semakin melonjak. Hal itulah yang membuat siapa saja yang memesannya harus masuk daftar tunggu sampai setahun.

Ciri khas durian vulkanik adalah kulitnya yang tipis, hanya setebal setengah sentimeter, dengan tekstur lembut yang lumer di mulut serta tanpa serat. Orang yang sudah pernah mencicipi durian vulkanik ini menggambarkannya sebagai buah yang sangat lezat, rasa manis dan lembutnya seimbang, aroma yang tidak terlalu menyengat sehingga membuatnya dua kali lebih enak daripada durian monthong biasa.

Manis gurih ketan durian. | Shutterstock

Baca juga: 5 Fakta Menarik Anggur Muscat, si Hijau Mengilap yang Sedang Digemari  

Manfaat Makan Durian

Dengan rasa yang dua kali lebih enak dibanding durian monthong, yang selama ini dikenal sebagai durian Thailand paling enak dan mahal, sudah tentu banyak yang penasaran dengan rasa durian vulkanik. Tak sedikit orang yang gemar dengan durian ini rela mengeluarkan banyak uang untuk mencicipinya.

Terlepas dari varietasnya, buah durian memang sangat lezat. Hampir semua pecinta durian, pasti menyukai olahan durian juga seperti pancake durian, serabi kuah durian, es durian, kue sus fla durian, hingga puding dan cake durian.

Menurut Klik Dokter terdapat sejumlah manfaat makan durian, seperti:

  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Mencegah penuaan dini
  • Menunjang kesehatan jantung
  • Menurunkan risiko kanker
  • Memperkuat tulang dan sendi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengontrol tekanan darah
  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Mengatasi insomnia
  • Meningkatkan metabolisme

Baca juga: Fakta di Balik Durian Seharga 14 Juta Rupiah

Manfaat itu tak lepas dari kandungan durian yang kaya nutrisi, vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat, dan serat.

Meski begitu, masih saja ada yang percaya jika durian bisa menyebabkan kenaikan kolesterol dan berbahaya bagi penderita diabetes. Padahal, durian mengandung lemak sehat alami, bukan lemak jahat seperti yang ada pada makanan gorengan.

Melansir Halodoc, durian ternyata bisa mencegah diabetes karena kandungan mangan dan antioksidannya yang membantu mengurangi stres oksidatif. Durian juga termasuk buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis setelah memakannya. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi durian secara berlebihan, khususnya pengidap diabetes cukup 1 biji durian dalam ukuran besar atau 2 biji dalam ukuran kecil.

 

Gimana, Cookiners, tertarik mencoba durian vulkanik?

 

Sumber:

https://thethaiger.com/news/national/volcanic-durian-from-southern-thailand-creates-year-long-waitlist

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240702102436-262-1116566/durian-vulkanik-thailand-ramai-jadi-incaran-bagaimana-rasanya

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/tak-disangka-ini-manfaat-durian-bagi-kesehatan