Cumi diolah menjadi calamari yang renyah gurih. | Shutterstock

6 Cara Mengolah Cumi agar Tidak Alot

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 18 Juli 2024 | 14:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Cumi termasuk jenis seafood yang bisa dijadikan beragam masakan. Namun jika salah cara mengolah, cumi akan menjadi alot setelah matang. Cookiners sering mengalami? Tips mengolah cumi agar tidak alot berikut ini bisa langsung dicoba! 

Cumi termasuk salah satu seafood yang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya enak, cumi juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Tapi ada satu yang biasanya dikeluhkan saat makan cumi, yaitu daging cumi yang terasa alot. Bagaimana cara mengolah cumi agar tidak alot?

1.Marinasi dengan jeruk nipis

Selain menghilangkan bau amis, air jeruk nipis ternyata juga bisa membuat cumi menjadi empuk. Senyawa alami pada air jeruk nipis yang membuat cumi menjadi lebih empuk. 

Lumuri cumi dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih dan cumi bisa diolah menjadi masakan sesuai resep.

2.Durasi masak yang singkat atau lama sekalian

Ini adalah salah satu kunci masak cumi agar tidak alot. Masak cumi tidak perlu lama, cukup sekitar 2-3 menit saja dengan panas tinggi dan api besar. 

Namun, Cookiners juga bisa menggunakan teknik slow-cooked untuk membuat cumi lebih empuk. Caranya, campur cumi dengan berbagai bumbu sesuai resep, lalu masak dengan api kecil, selama 30-60 menit. Selain membuat cumi empuk, teknik slow-cooked ini juga membuat bumbu bisa lebih meresap ke dalam cumi.

Bagaimana jika memasak dengan durasi singkat namun cumi tetap alot? Cookiners bisa melanjutkan masak cumi dengan teknik slow-cooked.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini 7 Tanda Cumi-Cumi yang Segar

4.Rebus 1 menit

Untuk cumi yang ingin dimarinasi dengan berbagai bumbu dan rempah, sebaiknya dilakukan blanching terlebih dahulu, yaitu merebus cumi dalam air yang sudah mendidih selama 1 menit, lalu angkat dan masukkan ke dalam air es agar proses masak cumi berhenti. Setelah itu, Cookiners bisa marinasi cumi dengan bumbu dan rempah yang sudah disiapkan.

Teknik merebus 1 menit ini juga berlaku saat Cookiners ingin memasak cumi dengan kuah. Masukkan cumi 1-2 menit sebelum masakan berkuah diangkat atau dimatikan kompornya.

Gunakan teknik rebus satu menit agar cumi asam manis tidak alot. | Shutterstock

5.Bakar dan goreng selama 2-3 menit

Untuk mengolah cumi dengan cara dibakar atau digoreng, sebaiknya durasi memasaknya pun tidak terlalu lama, cukup 2-3 menit, maksimal 5 menit.

6.Pindahkan ke suhu ruang sebelum diolah

Setelah dimarinasi namun cumi tidak ingin segera diolah, Cookiners bisa menyimpannya di dalam freezer. Ketika akan diolah, pastikan cumi mencair dan berada di suhu ruang terlebih dahulu. Cumi beku yang langsung dimasak akan membuat tekstur dagingnya sangat alot.

Begitu pun ketika cumi beku yang lama-kelamaan mencair, Cookiners harus melap cumi agar tidak terlalu basah. Cumi yang basah dan terlalu berair juga akan menghasilkan tekstur yang alot saat sudah matang.

Baca juga: Hindari Air Hangat, Begini Cara Membersihkan Udang dengan Mudah

Ciri-Ciri Cumi Segar

Selain teknik memasak yang tepat, untuk mendapatkan cumi yang empuk Cookiners juga harus menggunakan cumi yang segar. Beberapa ciri-ciri cumi masih dalam kondisi segar, antara lain:

  • Terlihat halus dan mengkilap
  • Saat ditekan, tekstur daging relatif kenyal, padat namun terasa lembap
  • Bagian mata bening dan tidak berlendir
  • Warnanya kecokelatan
  • Aromanya tidak busuk atau menyengat
  • Kondisi masih utuh, bagian kepala dan tubuh tidak terpisah

 

Kira-kira Cookiners tertarik untuk masak cumi dengan resep apa, nih? Cumi asam manis, cumi rica kemangi, cumi bakar, atau sambal cumi kecombrang

 

Sumber:

https://www.thespruceeats.com/squid-and-calamari-cooking-tips-1808815#:~:text=Cooking%20Tips,hour%20to%20re%2Dtenderize%20it

https://www.bonappetit.com/test-kitchen/ingredients/article/how-to-cook-squid-right

https://www.akurat.co/food/1302420574/4-Tips-Memasak-Cumi-Agar-Empuk-Tidak-Alot-Dan-Bau-Amis?page=2

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/24/164111075/5-cara-masak-cumi-cumi-agar-tidak-alot-dan-empuk?page=all#page3