Ayam kampung goreng jadi empuk dengan cara memasak yang tepat. | Shutterstock

Cara Memasak Ayam Kampung Jadi Empuk

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 18 Juli 2024 | 10:18 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Daging ayam kampung terkenal lebih gurih ketika diolah menjadi masakan, salah satunya ayam kampung goreng. Namun jika dimasak dengan cara yang kurang tepat, daging ayam kampung akan terasa lebih alot alias keras. Tapi jangan khawatir, Cookin.id bagikan tips memasak ayam kampung jadi empuk, antigagal!

Ayam kampung memang terkenal memiliki rasa yang lebih gurih dibanding ayam broiler atau pedaging biasa. Beberapa masakan yang lebih lezat jika menggunakan ayam kampung, antara lain ayam kampung goreng, opor ayam, dan gulai ayam kampung.

Kelebihan daging ayam kampung lainnya adalah dagingnya memiliki rasa manis dengan tekstur yang lebih padat. Sementara dari segi kandungan nutrisinya, ayam kampung juga lebih unggul dibanding ayam pedaging biasa. 

Dilansir dari berbagai sumber, daging ayam kampung memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi, terutama untuk Cookiners yang sedang menjaga berat badan atau memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi.

Daging ayam kampung juga mengandung protein yang lebih tinggi dibanding ayam pedaging. Protein sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti otot, serta membantu menjaga kesehatan organ vital.

Baca juga: Tips Memasak Hati Ayam untuk MPASI agar Tidak Amis

Ayam kampung juga diyakini bebas dari hormon pertumbuhan dan antibiotik, yang biasanya disuntikkan pada ayam pedaging biasa. Ayam kampung seringkali tumbuh secara alami sehingga dagingnya lebih bersih dari zat tambahan yang berbahaya.

Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki, tak heran jika ayam kampung dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding ayam biasa.

Marinasi ayam kampung dengan nanas agar cepat empuk. | Shutterstock

Ayam Kampung Empuk

Oleh karena memiliki tekstur yang lebih padat, daging ayam kampung sering kali menjadi lebih keras atau a lot setelah diolah. Lalu, bagaimana cara memasak daging ayam kampung agar empuk? Berikut ini tips yang bisa Cookiners ikuti.

1.Masak dalam potongan kecil

Cara memasak ayam kampung agar tidak alot adalah memasaknya dalam potongan kecil, bukan daging utuh. Misalnya ketika memasak ayam kampung goreng, potonglah menjadi bagian lebih kecil. Potongan yang lebih kecil membuat ayam kampung lebih cepat empuk.

2.Marinasi dengan nanas

Masukkan potongan nanas (bukan diparut) bersama bumbu-bumbu lain, lalu diamkan beberapa jam atau semalaman agar bumbu meresap dan nanas bekerja mengempukkan daging ayam kampung. Setelah itu, masak sesuai resep.

3.Marinasi dengan garam

Selain nanas, daging ayam kampung juga bisa cepat empuk jika dimarinasi dengan garam. Caranya, masukkan garam, merica bubuk, dan jus lemon ke dalam panci yang sudah berisi potongan ayam kampung, aduk hingga semua bagian terlumuri. Marinasi setidaknya 1-2 jam sebelum daging ayam kampung diolah.

4.Masukkan ketika air sudah mendidih

Sebaiknya masukkan ayam kampung ke dalam air yang sudah mendidih terlebih dahulu, lalu tutup agar uap dan suhunya stabil. Memasukkan ayam kampung ke air yang belum mendidih akan memperlama proses memasak dan membuat daging ayam kampung alot.

Baca juga: Tips Marinasi Ayam agar Bumbu Meresap dan Daging Empuk

5.Gunakan api kecil

Saat memasak daging ayam kampung, pastikan untuk selalu menggunakan api kecil. Api kecil bukan saja membuat daging ayam kampung menjadi cepat empuk, tetapi juga membuat bumbu meresap hingga ke dalam.

6.Rebus dengan metode 30-30-7

Metode merebus 30-30-7 sudah terbukti cepat membuat daging sapi empuk. Dan hal itu juga bisa dipraktikkan untuk memasak ayam kampung. Caranya, didihkan air lalu masukkan ayam kampung, rebus selama 30 menit dengan panci tertutup rapat.

Setelah 30 menit, matikan kompor dan biarkan panci tetap dalam keadaan tertutup rapat. Diamkan selama 30 menit, lalu rebus kembali ayam selama 7 menit dalam kondisi panci tetap tertutup. Metode ini akan membuat ayam kampung lebih cepat empuk.

7.Kukus selama satu jam

Sebelum ayam kampung diolah menjadi berbagai macam resep, kukuslah terlebih dahulu selama 1 jam agar lebih empuk. Pastikan air kukusan sudah mendidih sebelum memasukkan semua potongan ayam ke dalam panci. Jangan lupa untuk memasukkan rempah aromatik seperti jahe, daun salam, daun jeruk, atau serai ke dalam air kukusan.

 

Setelah mengetahui tipsnya, Cookiners tidak perlu khawatir lagi memasak ayam kampung menjadi keras atau alot. Banyak juga resep yang bisa Cookiners intip di Cookin.id yang menggunakan bahan ayam kampung.

 

Sumber:

https://www.fimela.com/food/read/5251863/tips-memasak-ayam-kampung-agar-empuk-dalam-waktu-singkat?page=6

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5542071/cara-empukkan-ayam-kampung-tua-yang-alot-tanpa-presto-hanya-14-menit?page=6

https://www.kompas.com/food/read/2023/08/02/160400675/4-cara-masak-ayam-kampung-agar-empuk-dan-bumbu-meresap-gunakan-api-kecil?page=2

https://chickin.id/blog/perbedaan-ayam-kampung-dan-ayam-broiler/

https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/950-ayam-broiler-vs-ayam-kampung,-pilih-mana?-