Bekal yang lezat dan menarik menambah semangat anak bersekolah. | Shutterstock

Back to School! 10 Ide Bekal Praktis untuk Si Kecil

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 11 Juli 2024 | 09:07 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Menyiapkan bekal Si Kecil bisa menjadi salah satu hal yang menantang setiap paginya bagi para ibu. Butuh ide sarapan simpel dan praktis untuk Si Kecil? Cookiners bisa ide bekal praktis untuk Si Kecil berikut ini.

Si Kecil sudah waktunya kembali ke sekolah, nih. Sebagai orang tua, kita pasti perlu menyiapkan segala kebutuhan Si Kecil, mulai dari alat tulis, seragam, hingga bekal untuk di sekolah. Membawakan bekal Si Kecil bisa jadi salah satu bentuk perhatian seorang ibu kepada anaknya. Bekal yang disiapkan dari rumah, sudah tentu bisa lebih sehat dibanding jajan di luar.

Namun terkadang, memikirkan menu atau ide bekal apa lagi untuk dibawa anak setiap hari, cukup membuat pusing. Apalagi Cookiners juga harus memastikan menu bekal tak hanya sehat dan enak, tetapi juga tak membuat Si Kecil bosan.

Berikut ini ide bekal praktis untuk Si Kecil yang bisa Cookiners coba.

1. Sandwich telur, keju, atau tuna

Untuk membuat sandwich tentu sangat mudah. Cookiners hanya perlu berkreasi tentang isian yang akan membuat Si Kecil lahap memakannya. Cookiners bisa menyiapkan dua lembar roti tawar lalu beri isian telur, keju, atau tuna. Agar gizinya semakin lengkap, jangan lupa untuk menambahkan irisan tomat dan selada.

2. Onigiri

Onigiri sangat mudah disiapkan dengan bentuk yang unik dan menarik. Cookiners bisa membeli cetakan onigiri yang tersedia dalam berbagai bentuk atau hanya dibentuk bulat menggunakan tangan.

Onigiri bisa diberi isian seperti abon, namun bisa juga hanya nasi yang dicampur dengan bubuk rumput laut. Platting onigiri di dalam lunch box, lalu tambahkan hiasanya yang juga bisa dimakan, seperti irisan telur dadar atau telur puyuh.

3. Telur gulung sayur

Siapkan telur dan isiannya, seperti selada, sawi putih yang sudah dicincang, atau wortel yang sudah direbus sebentar lalu dicincang. Kocok telur dan tambahkan seasoning seperti membuat telur dadar lalu tuang ke dalam wajan. 

Saat telur sudah setengah matang, tata isian yang sudah disiapkan di satu sisi. Dengan spatula, gulung telur bersama isiannya hingga membentuk gulungan, lalu potong menjadi beberapa bagian. Cookiners bisa membawakan Si Kecil menu telur gulung sayur bersama nasi atau kentang goreng.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Minyak dan Bau Tak Sedap dari Kotak Bekal Plastik

4. Ayam Katsu

Siapkan dada ayam fillet, lalu marinasi dengan tepung serba guna selama 1-2 jam. Setelah itu satu per satu gulirkan fillet dada ayam tadi ke atas tepung panir. Masukkan ke dalam kulkas agar tepung panir menempel sempurna.

Cookiners bisa menyiapkan ayam katsu dalam jumlah banyak lalu bekukan di dalam freezer sehingga bisa langsung dimasak di pagi hari. Tambahkan nasi dan sayuran di dalam kotak bekal untuk melengkapi nutrisi Si Kecil.

Pasta dengan saus favorit si Kecil bisa jadi menu bekal satset penuh gizi. | Shutterstock

5. Pasta Bolognese

Cookiners bisa menyiapkan pasta seperti spaghetti, fettucini, penne, atau lainnya. Rebus pasta hingga al dente, lalu tiriskan. Cookiners bisa menggunakan saos bolognese instan yang dihangatkan dan ditambahkan bahan yang diinginkan, misalnya daging cincang atau sosis, lalu campurkan dengan pasta.

6. Makaroni Goreng

Bahan yang perlu disiapkan 1 genggam makaroni, 1 buah sosis, 1 butir telur, saos tomat, kecap, dan saos tiram. Masak makaroni hingga al dente, sisihkan. Orak arik telur, lalu sisihkan. Potong kecil sosis.

Siapkan teflon, lelehkan mentega, lalu masukkan saos tomat, saos tiram, dan kecap. Beri seasoning secukupnya lalu masukkan semua bahan ke dalamnya. Setelah tercampur merata, angkat dan makaroni goreng siap dibawa sebagai bekal.

7.Kebab Sayuran

Siapkan tortilla gandum, lalu dipanggang di pan. Masukkan sayuran segar seperti tomat, paprika, daun selada, atau selada. Tambahkan irisan telur rebus, keju lembaran, atau tuna, lalu beri mayones dan saos tomat, kemudian gulung. Untuk memudahkan Si Kecil memakannya, Cookiners bisa memotongnya menjadi 2-3 bagian.

Baca juga: 4 Aturan Dasar Bikin Sandwich Buat Pemula, Bisa Langsung Praktik Buat Bekal Besok

8.Roti Selai Kacang

Mungkin ini adalah menu bekal paling praktis, yang bisa menyelamatkan Cookiners ketika terlambat bangun pagi. Cookiners hanya perlu mengoleskan selai kacang ke atas roti tawar. 

Meski paktis, menu bekal ini sudah memberikan karbohidrat dan protein nabati dari selai kacang. Cookiners bisa menambahkan tomat ceri, irisan pisang atau stroberi.

9. Nasi Gulung Sushi

Seperti namanya, nasi ini digulung seperti sushi di atas lembaran nori atau rumput laut. Untuk melengkapi nutrisinya, tambahkan sosis, telur dadar, wortel dan buncis rebus.

10.Telur Gulung Sosis

Bahan yang diperlukan hanya telur, sosis, dan mixed vegetables yang telah direbus sebentar. Kocok telur bersama mixed vegetables dan tambahan seasoning. Lalu dadar seperti biasa. Ketika sudah setengah matang, letakkan sosis yang sudah direbus di atas telur dadar tadi, kemudian gulung. Setelah matang, potong telur gulung sosis lalu masukkan ke dalam kotak bekal makan anak bersama nasi hangat.

 

Jika ide bekal di atas sudah semua dicoba, Cookiners masih bisa cek resep bekal lainnya di Cookin.id. Selamat berkreasi!

 

Sumber:

https://www.tokopedia.com/blog/resep-bekal-anak-tk-hlv/?utm_source=google&utm_medium=organic

https://mommiesdaily.com/2022/07/15/10-ide-bekal-anak-kembali-ke-sekolah

https://www.orami.co.id/magazine/ide-bekal-anak-tk

https://nakita.grid.id/read/023828824/ide-menu-bekal-anak-sekolah-yang-menyehatkan-dan-lezat-jaminan-si-kecil-bakal-minta-lagi?page=all

https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/resep-makanan-sehat-untuk-anak