Proses memasak lebih cepat dengan panci presto. | Shutterstock

Takut Meledak Pakai Panci Presto? Ini 7 Tips Aman Menggunakannya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 8 Juli 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Panci presto bisa menjadi penolong saat harus memasak dengan cepat tanpa khawatir kehilangan cita rasa dan nutrisinya. Tapi ada satu hal yang dikhawatirkan, terutama bagi pemula, yaitu panci meledak saat memasak. Yuk, ketahui tips aman menggunakan panci presto!

Saat masak daging, ayam, atau ikan agar empuk sampai ke tulang, pasti yang terpikir adalah menggunakan panci presto (pressure cooker). Alat masak ini memang dirancang untuk mempercepat proses memasak dan melunakkan daging, tulang, dan biji-bijian dalam waktu singkat.

Cara kerja panci presto adalah dengan memanfaatkan uap udara yang terkunci di dalam panci sehingga meningkatkan tekanan dan suhu di dalamnya. Karena panci presto terbuat dari bahan stainless yang tebal dan kuat serta memiliki tutup yang rapat maka uap air hanya terkumpul di dalamnya. Inilah yang membuat temperatur didihnya juga naik, lebih dari 100 derajat Celsius. Hal itu memungkinkan makanan matang dan empuk lebih cepat dibanding menggunakan panci biasa.

Proses memasak yang lebih singkat juga artinya bisa meminimalkan nutrisi yang hilang selama proses memasak dan menghemat gas atau listrik.

Penyebab Panci Presto Meledak

Di balik kelebihan panci presto, ada satu hal yang sering membuat orang, terutama pemula, takut menggunakannya saat memasak, yaitu panci presto meledak. Kejadian panci presto meledak ini masih kerap terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain:

  • Katup pelepas uap tersumbat
  • Kait katup tidak tersegel dengan benar
  • Membuka panci presto saat memasak
  • Cairan di dalam panci mengering
  • Ventilasi pelepas tekanan rusak
  • Isi panci presto terlalu penuh

Baca juga: Rekomendasi Chopper Andalan di Dapur Bikin Masak Lebih Satset

Tips Aman Menggunakan Panci Presto

Untuk memastikan panci presto aman digunakan, berikut tips yang bisa Cookiners praktikkan:

  1. Periksa Kondisi Panci

Cara kerja panci presto adalah menggunakan tekanan tinggi. Jadi sangat penting untuk memeriksa kondisi panci sebelum digunakan. Jika menemukan retak (meski sedikit), kerusakan pada pegangan, atau segel karet yang tidak bisa tertutup rapat, sebaiknya jangan teruskan menggunakan panci presto.

Kondisi-kondisi tadi bisa menyebabkan panci meledak karena tidak kuat menahan tekanan yang sangat tinggi dari dalam panci.

  1. Jangan Diisi Terlalu Penuh

Pastikan Cookiners tidak mengisi panci secara berlebihan. Panci presto bisa diisi maksimal ⅔ dari ukuran panci. Hal itu agar masih ada ruang yang cukup untuk uap dan makanan mengembang.

Panci presto yang diisi terlalu penuh juga menyebabkan tekanan berlebihan, berpotensi menyebabkan kebocoran saat memasak, dan makanan tidak matang merata.

  1. Atur Durasi Masak 

Masakan yang terlalu lama dipresto akan membuatnya menjadi lembek dan mudah hancur. Oleh karena itu sangat penting mengetahui durasi masak yang tepat.

Misalnya untuk masak daging dibutuhkan waktu 25 menit, lidah sapi 15 menit, ayam 5 menit, dan lontong/ketupat 15-30 menit. Perlu diketahui, penghitungan waktu memasak dimulai saat panci presto mulai mengeluarkan bunyi mendesis, bukan sejak pertama kompor dinyalakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Seasoning Alat Masak Berbahan Cast Iron?

  1. Atur Suhu

Cookiners bisa menggunakan api besar di awal memasak. Namun ketika panci presto mulai mendesis, sebaiknya gunakan api kecil-sedang. Ini bertujuan agar tekanan di dalam panci sedikit menurun dan stabil selama proses memasak.

  1. Jangan Buka Tutup Panci Ketika Memasak

Ini adalah kunci utama agar panci presto tidak meledak. Biarkan panci presto tertutup rapat proses memasak berlangsung. Itu artinya Cookiners juga tidak boleh mencicipi masakan selama proses presto berlangsung.

  1. Jangan Langsung Membuka Panci Setelah Selesai Memasak

Cookiners tidak boleh langsung membuka tutup panci setelah waktu memasak selesai. Setelah kompor dimatikan, biarkan panci melepaskan tekanan di dalamnya secara perlahan melalui katup pada tutup panci.

Cookiners juga bisa menggunakan sarung tangan anti panas untuk memutar katup agar proses pelepasan tekanan berlangsung dengan aman.

  1. Bersihkan Panci Presto dengan Benar

Ini juga proses penting agar memasak dengan panci presto tidak meledak, yaitu dengan segera membersihkan panci setelah digunakan. Tujuannya, agar panci presto tetap dalam kondisi prima sehingga bisa kuat menahan tekanan tinggi.

Bersihkan panci presto menggunakan sabun cuci piring, jangan lewatkan untuk membersihkan bagian tutup, segel, dan katup. Katup yang kotor bisa menghambat pelepasan uap dari dalam panci saat digunakan untuk memasak dan berisiko panci meledak. Simpan panci presto dalam kondisi benar-benar kering. 

 

Setelah mengetahui tipsnya, Cookiners bisa merasa aman menggunakan panci presto. Jadi, ingin mencoba resep apa menggunakan panci presto?

 

Sumber:

https://www.taste.com.au/quick-easy/articles/pressure-cooking-the-complete-how-to-guide/tzryc3xl

https://www.renos.id/blog/cara-menggunakan-panci-presto/

https://www.liputan6.com/hot/read/5365557/presto-adalah-teknik-memasak-ini-manfaat-dan-cara-melakukannya?page=4

https://m.kumparan.com/kabar-harian/cara-menggunakan-presto-bagi-pemula-yang-aman-20jsFBZBWWY