Hindari mencuci udang dengan air hangat agar hasil masakan tidak alot. | Shutterstock

Hindari Air Hangat, Begini Cara Membersihkan Udang dengan Mudah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 1 Juli 2024 | 17:04 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Salah satu tantangan saat memasak udang adalah ketika membersihkannya. Padahal ada cara membersihkan udang dengan mudah. Mau tahu Cookiners?

Udang menjadi salah satu makanan laut yang sangat mudah dijumpai dan menjadi favorit banyak orang. Rasa yang gurih lezat membuat udang pun cocok diolah bersama bahan-bahan makanan lainnya, seperti ditumis bersama kangkung, buncis, salad sayur, atau dimasak menjadi udang asam manis, udang saus tiram, atau udang goreng tepung.

Selain lezat, udang juga dikenal sebagai sumber protein yang baik dengan kalori yang relatif rendah, dan hampir tidak mengandung lemak jenuh, yang sering dikaitkan sebagai penyebab penyakit jantung. Dilansir dari situs Verywell, kandungan vitamin dan mineral, serta asam amino esensial pada udang bisa memberikan manfaat memperkuat tulang, menjaga fungsi kognitif dan kesehatan otak.

Dan yang tak kalah pentingnya, udang hampir tidak mengandung merkuri (tak seperti kebanyakan makanan laut lainnya) sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan bisa membantu mencegah anemia, pengeroposan tulang, sekaligus mendukung pembentukan otak pada janin.

Baca juga: Udang Goreng Balut Cumi Ini Bisa bikin Wiken Kamu Jadi Spesial

Cara Membersihkan Udang

Melihat banyaknya manfaat mengonsumsi udang, tentu memasukkan ke udang ke dalam menu makanan harian keluarga adalah hal yang sangat baik. Pastikan Cookiners memilih udang segar yang bisa terlihat dari teksturnya yang padat, warna transparan, terlihat mengilap, dan tidak beraroma menyengat seperti busuk.

Berikut ini beberapa cara membersihkan udang yang mudah dan bisa Cookiners tiru!

1.Cuci di bawah air mengalir

Tempatkan udang di wadah berlubang atau keranjang, lalu bilas dengan air mengalir. Hindari mencuci udang dengan air hangat karena akan membuat udang matang dan akan membuat teksturnya alot jika selesai dimasak.

2.Lepaskan kepala udang

Jika membeli udang segar, biasanya udang dijual masih lengkap dengan kepalanya. Cara membersihkan udang bisa dimulai dari melepaskan kepalanya, dengan catatan jika Cookiners tidak memerlukan bagian tersebut.

Caranya, peganglah kepala udang dengan menjepitnya menggunakan ibu jari dan telunjuk, lalu ditarik agak ke bawah (seperti dipotek). Kepala udang akan terlepas tepat di antara batas kepala dan badan.

Kepala udang bisa direbus untuk dibuat kaldu. Namun jika tidak ingin dibuat kaldu, kepala udang sebaiknya langsung dibuang karena akan cepat mengeluarkan aroma tidak sedap.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini 7 Tanda Cumi-Cumi yang Segar

3.Buang kaki udang

Setelah melepas kepala, selanjutnya adalah membuang kaki-kaki udang. Caranya, pegang udang sedikit ditekuk badannya agar membentuk setengah lingkaran. Lalu cubit kaki-kaki udang hingga semuanya terlepas.

4.Lepaskan kulit udang

Cookiners bisa melepaskan kulit udang dimulai dari area kaki udang yang sudah dilepas. Udang segar cenderung mudah dilepas kulitnya.

Buang saluran kotoran udang yang ada di punggung. | Shutterstock

5.Lepaskan bagian ekor

Jika Cookiners memasak udang untuk anak-anak, sebaiknya buang juga bagian ekornya karena cukup tajam dan khawatir melukai mulut anak-anak. Cukup tarik menggunakan jari untuk membuang bagian ekor. Namun jika ingin memasak udang dengan hasil akhir estetik saat dihidangkan, Cookiners bisa membiarkan bagian ekor tetap ada.

6.Bersihkan kotoran di bagian punggung udang

Biasanya di sepanjang punggung udang akan terlihat bagian seperti tali berwarna hitam. Itu adalah saluran usus udang yang harus Cookiners buang. Caranya, kerat sedikit bagian punggung udang. Kemudian gunakan tusuk gigi atau ujung pisau untuk mencongkel bagian tali. Tarik tali perlahan menggunakan jari, maka usus akan tertarik hingga bagian ekornya.

7.Cuci bersih lalu tiriskan

Setelah udang selesai dibersihkan, cuci kembali di bawah air mengalir lalu tiriskan. Sebaiknya udang segera diolah menjadi masakan setelah dibersihkan. Jika mau disimpan, letakkan dalam wadah tertutup dan masukkan di freezer.

 

Bagaimana Cookiners? Coba praktikkan, yuk! Selain mudah, membersihkan udang sendiri juga akan lebih murah dibanding kamu membeli udang yang sudah dikupas. Jangan lupa share pengalaman kamu di Instagram Cookin.id!


Sumber:

https://www.verywellfit.com/shrimp-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4111318#:~:text=Shrimp%20is%20an%20excellent%20source,potassium%2C%20zinc%2C%20and%20selenium.

https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/cara-membersihkan-udang

https://frozenjakarta.com/microblog/tips-membersihkan-udang-yang-benar/