|

Liburan ke Jogja? Coba 5 Kuliner Baru Ini 

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 27 Juni 2024 | 11:56 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Kota Yogyakarta terkenal bukan hanya soal lokasi wisata dan budayanya saja, tetapi juga kulinernya yang lezat. Jika Cookiners sedang berkunjung atau akan liburan ke Yogya, yuk dicoba 5 kuliner baru di kota gudeg ini.

Yogyakarta memang tak pernah berhenti menggoda siapa saja untuk berkunjung dan kembali lagi ke kota ini. Suasana yang khas penuh seni dan budaya, membuat kota ini mudah dirindukan.

Dan salah satu hal yang tak bisa dilewatkan ketika berlibur ke Yogya adalah mencoba makanan tradisional Yogyakarta yang selalu berhasil menggugah selera. Tidak heran sih karena kota Yogyakarta memang terkenal sebagai surganya kuliner enak, unik, dan murah.

Untuk Cookiners, ini 5 rekomendasi kuliner dan restoran baru di Yogya yang wajib dikunjungi saat berlibur ke sana.

Bakso Pa’jero

|

Bakso Pa’jero terkenal menyediakan bakso-bakso dengan ukuran dan bentuk yang tak biasa dibanding bakso pada umumnya. Menu bakso yang unik antara lain bakso Merapi, bakso Samurai 1 meter yang ditusuk pada sebilah samurai, bakso sumsum kuah mercon, bakso goreng, bakso jeroan iga bakar, akso urat, dan masih banyak lagi.

Mereka tak hanya menjual bakso dengan bentuk dan ukuran yang ekstrem, tetapi juga menjamin kualitas rasanya yang benar-benar bikin ketagihan. Buat Cookiners yang menyukai bakso dan makanan pedas, pasti tidak akan menyesal untuk datang ke sini. 

Range harga: Rp16.500 - Rp99.000

Jam buka: Senin - Jumat: 10.00 - 21.00 WIB

Sabtu - Minggu: 09.00 - 22.00 WIB

Instagram: @bakso.pajero

Alamat: 

Bakso Pa’jero Pusat, Jl Colombo Yogyakarta, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Bakso Pa’jero Kasongan, Jl Niten, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Baca juga: 5 Rekomendasi Book Cafe di Jakarta dan Sekitarnya

Nasi Goreng TBK

|

Restoran keluarga yang mengklaim sebagai nasi goreng pertama di Yogyakarta yang menyajikan iga sapi dan kambing dalam satu porsi ini memang punya rasa yang unik dan otentik. Rasa rempah langsung terasa pada sendokan pertama nas goreng, belum lagi topping iga kambing dan iga sapi yang super empuk.

Beberapa menu yang bisa Cookines coba seperti kembulan nasgor iga sapi mix kambing, nasi goreng iga jumbo, iga bakar, nasi goreng iga  sandal jepit, dan nasi goreng telur.

Range harga: Rp21.000 - Rp78.000

Jam buka: Senin - Minggu: 14.00 - 22.30 WIB

Instagram: @nasigorengtbk 

Alamat: Jl. Karangmalang, Caturtunggal, Sleman

Kalis Donuts

|

Kalis Donuts terkenal sebagai donat artisan premium di Jogja. Banyak yang membeli Kalis Donuts sebagai oleh-oleh khas Jogja kekinian atau dimakan di tempat. Varian donat dan topping-nya sangat beragam, seperti donat topping ice cream taro, caramel cappuccino, matcha oreo, beef n cheese, dan vanila almond, yang cocok sebagai teman ngopi.

Kalis Donuts juga menyediakan bomboloni dengan varian choco filling, apple filling, dan cream cheese.

Range Harga: Rp10.000 - Rp12.000

Jam buka: 07.00 - 21.00 WIB

Instagram: @kalisdonuts.id

Alamat: Jl. Candrakirana no.23, Gondokusuman, Yogyakarta

Baca juga: Rekomendasi Resto di Sentul yang Punya View Cantik dan Menu Enak  

Nasi Kuning Munacung

|

Untuk bisa mencicipi nasi kuning Munacung, Cookiners disarankan untuk sampai di warung pagi hari sebelum jam 7. Pasalnya, antrean pembeli biasanya sudah mengular meski warungnya belum buka.

Yang membuat nasi kuning Munacung spesial dan berbeda dengan nasi kuning lainnya adalah menggunakan empal, iso, dan babat juga. Seporsi nasi kuning sudah berisi telur, abon, serundeng, kering kentang, perkedel sambal, dan empal.

Harga: mulai Rp15.000

Jam buka: 06.30 - 12.00 WIB

Instagram: @naskunpal

Alamat: Jl. Beskalan (pasar Pathuk, pintu selatan), Jl. Bhayangkara no.71, Gondomanan, Yogyakarta

Warung Pethel Bakar & Steak Pak Kaji Papat

|

Warung ini sangat terkenal karena menyediakan makanan yang diolah dari daging sapi. Menu andalan dan yang harus Cookiners coba ketika ke sini adalah pethel bakar. Dalam bahasa Jawa, pethel artinya kapak dan pethel bakar adalah iga bakar yang berbentuk seperti kapak.

Meski pethel bakar ukurannya besar namun bumbunya bisa meresap hingga ke dalam. Rasanya pun kombinasi manis kecap dan gurih rempah, dengan daging yang empuk. Selain pethel bakar, menu lain yang tersedia antara lain sop daging, nasi soto daging, sop iga, iga sambel gledek, dan sapi bakar empuk.

Range harga: Rp9.000 - Rp69.000

Jam buka: Senin - Minggu: 09.00 - 24.00 WIB

Instagram: @pakkajipapat

Alamat: Jl. Wonosari Km 9,5 , Berbag, Bantul

Kira-kira mana nih yang Cookiners akan langsung datangi ketika berada di Yogya?

Sumber:

https://www.kotajogja.com/kuliner/

https://www.google.com/amp/s/jogja.tribunnews.com/amp/2024/04/23/8-rekomendasi-tempat-kuliner-di-jogja-2024

https://www.google.com/amp/s/www.hops.id/travel/amp/29410538092/bakso-pajero-tempat-makan-bakso-viral-dan-unik-di-jogja-ada-menu-bakso-samurai-dan-bakso-iga-mercon

https://m.kumparan.com/seputar-yogyakarta/warung-pethel-bakar-dan-steak-pak-kaji-papat-kuliner-yang-wajib-dicoba-di-jogja-22DK0hPBbfj