|

5 Rekomendasi Book Cafe di Jakarta dan Sekitarnya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 27 Juni 2024 | 11:37 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Sedang mencari suasana lain di cafe? Mungkin Cookiners bisa datang ke book cafe, cafe yang menyediakan buku untuk dibaca pengunjungnya. Tertarik? Ini dia 5 rekomendasi book cafe di Jakarta dan sekitarnya.

Hangout di cafe sudah seperti menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Cafe bukan lagi hanya menyuguhkan makanan dan minuman yang enak tetapi juga memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga pengunjung akan kembali datang di lain waktu.

Nah, salah satu cara untuk tampil unik dan berbeda, beberapa cafe mengusung konsep book cafe, di mana mereka menyediakan buku-buku yang bisa dibaca oleh para pengunjungnya. Buku yang disediakan pun sangat beragam, mulai dari novel, biografi, hingga sejarah.

Dijamin, hangout di book cafe tidak lagi hanya diisi dengan ngobrol, mencari spot foto estetik, atau mengerjakan tugas saja, tetapi juga bisa menambah ilmu dan pengetahuan. Book cafe juga bisa menjadi alternatif restoran keluarga, di mana Cookiners bisa sekaligus mengenalkan kebiasaan untuk membaca buku pada si kecil.

Baca juga: Rekomendasi Resto di Sentul yang Punya View Cantik dan Menu Enak  

Berikut ini 5 rekomendasi book cafe di Jakarta dan sekitarnya.

Makan di Tebet

|

Nama cafenya memang Makan di Tebet, mengambil nama jalan di mana lokasi cafe itu berada. Cafe ini terletak di lantai bawah perpustakaan Baca di Tebet. Namun cafe Makan di Tebet memiliki koleksi buku sendiri yang dipajang dan bisa dibaca oleh semua pengunjung sambil menikmati makanan dan minuman.

Kesan homey langsung terasa begitu Cookiners memasuki area cafe. Suasananya juga terasa tenang dan mendukung untuk Cookiners menikmati makanan dan minuman sambil membaca buku.

Untuk menu yang disediakan cukup beragam seperti ayam kalasan sambal matah Bali, dori matah, nasi teriyaki, nasi goreng Jawa, dessert seperti apple crumble, dan aneka minuman seperti apple cinnamon tea, plant-based latte, dan kopi.

Range harga: Rp20.000 - Rp48.000

Jam buka: Senin - Minggu: 11.00 - 22.00 WIB

Instagram: @makanditebet

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya no.29, Tebet, Jakarta Selatan

Tujuhari Coffee

|

Rekomendasi cafe dan bisa menjadi tujuan restoran keluarga lainnya adalah Tujuhari Coffee. Di sini, pecinta buku dimanjakan dengan berbagai koleksi buku yang mereka pajang di beberapa rak, dengan koleksi buku yang beragam. 

Dengan dekorasi dominan warna putih, membuat suasana cafe ini terasa sangat nyaman, tenang, dan bikin betah. Cookiners bisa mencoba menu andalan mereka, yaitu kopi susu creamy, nasi rawon, brulee spaghetti, nasi bakar, dan masih banyak lagi. Dijamin perut kenyang dan dapat pengetahuan baru dari membaca buku.

Range harga: Rp25.000 - Rp55.000

Jam buka: Senin - Jumat: 09.00 - 21.00 WIB

Sabtu - Minggu: 07.00 - 21.00 WIB

Instagram: @tujuhari_

Alamat: Grand Wijaya Center, Blok B no. 8-9, Jl. Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Baca juga: Nggak Cuma Viral, 7 Rekomendasi Kuliner di Blok M Ini Dijamin Enak!

Maraca Books and Coffee

|

Buat Cookiners, yang berada di Bogor atau kebetulan sedang main ke Bogor, coba deh mampir ke Maraca Books and Coffee. Cafe yang berada di sudut jalan, persis di samping Kebun Raya Bogor ini menyediakan area indoor dan outdoor dengan nuansa rustik.

Suasana yang cozy dan pohon-pohon rindang di sekitarnya sangat mendukung untuk Cookiners yang ingin ngopi atau ngemil sambil membaca buku yang disediakan di sini. Cookiners bisa memesan minuman espresso based seperti americano, cappuccino, hazelnut latte, dan masih banyak lagi. Untuk makananya tersedia pasta, pasta, serta camilan seperti singkong goreng, pisang goreng, atu cireng rujak.

Range harga: Rp15.000 - Rp39.000

Jam buka: Senin - Kamis: 08.00 - 21.00 WIB

Jumat - Minggu: 08.00 - 21.00 WIB

Instagram: @maracacoffee

Alamat: Jl. Jalak Harupat no.9A, Bogor Tengah, Jawa Barat

Ruma Coffeatery

|

Kesan pertama begitu memasuki Ruma Coffeatery adalah suasana yang homey, hangat, dan tenang. Dengan desain yang estetik dua lantai, Ruma Coffeatery menawarkan kenyamanan yang luar biasa. 

Di sini, Cookiners bisa membaca dengan nyaman sambil menikmati beragam pilihan menu yang tersedia, seperti nasi bakar rica kemangi, ikan asap cakalang, atau makanan yang tidak terlalu berat seperti roti bakar atau french fries. Minuman yang disediakan, selain kopi juga banyak pilihan lain seperti mango exotic butterfly,  lychee sunrise, atau caramel popcorn.

Range harga: Rp35.000 - Rp90.000

Jam buka: Senin - Minggu 10.00 - 20.00 WIB

Instagram: @rumacoffeatery

Alamat: Jl. Cipaku I no.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

iLegal Library

|

Kolaborasi antara cafe dan perpusatakaan terlihat sangat harmonis di iLegal Library. Di tengah cafe, dihadirkan perpustakaan mini yang berisi buku-buku fiksi dan non fiksi yang berjajar rapi di rak buku berwarna putih. Cookiners besa membaca buku-buku itu sambil ngopi atau ngemil makanan.

Minuman kopi dan non kopi sehingga makanan ringan dan berat bisa menjadi pilihan Cookiners, seperti kroket kentang, crispy samosa, chocolate muffin, atau banana katsu.

Range harga: Rp20.000 - Rp65.000

Jam buka: Senin - Jumat: 09.00 - 22.00 WIB

Instagram: @ilegallibrary

Alamat: Jl. Cikatomas II no.1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hangout di book cafe, Cookiners bisa mendapat pengetahuan baru, sambil bersantai ditemani makanan dan minuman. Yuk, buruan cari book cafe dan restoran terdekat!