|

Tips Memasak Santan Agar Tidak Pecah

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 24 Juni 2024 | 10:20 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Salah satu masalah yang kerap dialami saat masak makanan tradisional Indonesia yang menggunakan santan kelapa adalah santan yang pecah. Nah, simak tips memasak santan agar tidak pecah berikut ini.

Banyak makanan tradisional Indonesia yang menggunakan santan kelapa dalam proses memasaknya. Santan kelapa sendiri memang memberikan banyak fungsi bagi masakan, seperti memperkaya cita rasa, memberikan sensasi rasa gurih, dan memberikan tekstur kental, seperti pada masakan rendang, tongseng, dan opor.

Saat ini, sudah banyak tersedia santan instan yang lebih praktis dan memudahkan kita ketika memasak. Meski begitu, tak sedikit pula yang masih mempercayai santan kelapa yang diparut dan diperas sendiri menghasilkan rasa yang lebih otentik.

Sebenarnya, terlepas dari santan instan atau santan yang diparut, yang menentukan hasil akhir dari suatu masakan adalah komposisi bumbu dan proses memasaknya.

Nah, salah satu tantangan ketika kita ingin masak dengan tambahan santan kelapa, adalah santan yang pecah saat dimasak.

Santan yang pecah saat dimasak biasanya ditunjukkan dengan tampilan santan yang berbutir, membentuk gumpalan, dan tidak menyatu dengan kuah. Santan yang pecah saat dimasak akan membuat masakan terasa hambar dan kehilangan rasa gurihnya.

Tips Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Opor ayam |

Biasanya, santan pecah disebabkan oleh beberapa hal, seperti dimasak menggunakan suhu tinggi dan masakan tidak diaduk.

Agar Cookiners tidak mengalami kembali santan pecah saat dimasak, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

1. Masak dengan Api Kecil

Santan kelapa sangat sensitif terhadap suhu panas. Ketika Cookiners memasak santan dengan api besar, hal itu akan membuat kuah santan meletup dan berbuih kemudian menjadi pecah.

2. Tuang Santan di Akhir Masakan

Jika Cookiners menggunakan santan encer dan santan kental, disarankan untuk memasukkan santan encer terlebih dahulu. Ketika masakan sudah hampir matang, baru masukkan santan kental. Metode ini biasanya cocok untuk masakan berkuah seperti opor, sayur godog, soto, dan masakan berkuah lainnya.

3. Aduk dengan Rutin dan Perlahan

Ketika santan kelapa sudah masuk ke dalam masakan, disarankan untuk rutin diaduk secara perlahan. Cookiners bisa mengaduknya sesekali, tetapi tetap harus diaduk dengan rutin. Jika santan dibiarkan lama tidak diaduk maka akan muncul buih dan santan menjadi pecah.

4. Menambahkan Sedikit Tepung Beras

Campurkan santan dengan sedikit tepung beras, aduk rata lalu masukkan ke dalam masakan. Menambahkan sedikit tepung beras tidak akan mengubah rasa masakan tapi cara ini bisa membuat santan kelapa tidak pecah saat dimasak.

5. Jangan Menggabungkan Santan dengan Bahan Asam.

Menggabungkan santan kelapa dengan bahan yang mengandung asam, seperti jeruk nipis akan membuat santan mudah pecah saat dimasak. Jika ingin memasak santan dengan bahan asam lainnya, seperti jeruk nipis, sebaiknya Cookiners bisa memukkan jeruk nipis saat masakan sudah matang.

Bagaimana jika santan yang dimasak sudah terlanjur pecah? 

Santan yang sudah terlanjur pecah saat dimasak tetap Cookiners bisa lanjutkan hingga matang. Untuk mengatasi santan yang sudah terlanjur pecah dan bergumpal, Cookiners bisa lakukan hal berikut ini:

Daun pisang |

  • Kecilkan api agar santan tidak semakin pecah dan gumpalan bisa berkurang.
  • masukkan selembar daun pisang yang sudah dicuci bersih. Sesuaikan ukurannya dengan diameter wajan, lalu aduk santan terus-menerus hingga santan menyatu kembali.
  • jika tidak ada daun pisang, Cookiners bisa memanfaatkan saringan teh untuk mengaduk santan yang terlanjur pecah. Aduk perlahan hingga santan menyatu kembali.

Jika sudah tahu tipsnya, Cookiners pasti tidak akan ragu lagi memasak dengan bahan yang ada santan kelapanya, kan? Yuk, intip berbagai resep mudah dan lezat yang menggunakan santan di Cookin.id

Sumber:

https://hicookofficial.com/cara-memasak-santan/?amp=1

https://lifestyle.haluan.co/2024/02/05/tips-masak-pakai-santan-agar-tidak-pecah/

https://radartasiktv.disway.id/read/6864/cara-memasak-santan-anti-pecah-jika-terlanjur-pecah-cukup-lakukan-cara-ini-yuk-simak/15