Chopper bikin masak lebih satset. | Shutterstock

Rekomendasi Chopper Andalan di Dapur Bikin Masak Lebih Satset

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 22 Juni 2024 | 12:17 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Ternyata bukan hanya gadget yang semakin modern. Peralatan dapur juga semakin canggih, lho. Seperti chopper yang bisa jadi andalan di dapur, bikin masak lebih satset. Ini dia rekomendasinya!

Chopper adalah peralatan dapur yang wajib Cookiners miliki untuk mempermudah memasak. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa chopper dan blender tak sama. Blender adalah perangkat dapur yang berfungsi untuk menghaluskan bahan atau bumbu dapur dengan hasil akhir tekstur yang lembut. Sementara chopper digunakan untuk memotong dan menggiling bahan makanan yang padat dan keras menjadi potongan-potongan kecil. Bahan yang dipotong menggunakan chopper seperti bawang, kacang, atau daging mentah, biasanya memiliki hasil akhir masih bertekstur sedikit kasar, meskipun kini beberapa jenis chopper juga bisa menghasilkan gilingan yang sesuai kebutuhan, yaitu dari tekstur kasar, sedikit kasar, hingga cukup halus. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Minyak dan Bau Tak Sedap dari Kotak Bekal Plastik

Rekomendasi Chopper Andalan di Dapur

Hal-hal yang sebaiknya Cookiners pertimbangkan sebelum memilih dan membeli chopper, antara lain:

  • Material plastik atau kaca. Wadah chopper dari plastik biasanya lebih murah dan tahan lama.
  • Manual atau elektrik. Chopper manual tentu lebih murah harganya, namun membutuhkan sedikit usaha ketika menggunakannya, sedangkan chopper elektrik lebih mudah dan praktis.
  • Fitur keamanan. Misalnya, terdapat pelindung bilah pisau atau lapisan anti slip agar chopper tidak mudah jatuh.

Nah, berikut ni rekomendasi chopper andalan di dapur yang bikin masak lebih satset.

1.Mitochiba CH200 (harga Rp390.000 - Rp599.000)

Chopper Mitochiba mencincang cepat dengan pisau triple blade. | Intagram @mitochiba.id

Memiliki kapasitas yang besar, yaitu 2 liter, memungkinkan Cookiners mencincang bahan makanan dalam jumlah besar secara bersamaan. Proses mencincangnya pun sangat cepat karena menggunakan pisau triple blade yang tajam dan kuat. 

Ada dua kecepatan yang bisa diatur untuk menghancurkan bahan makanan seperti daging, kacang-kacangan, bumbu dapur, bahkan untuk mencampur adonan donat dan bolu dengan mudah dan cepat

2.Kris Chopper Mini (Rp319.000)

Untuk Cookiners yang jarang memasak dalam jumlah besar, chopper mini dari Kris ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan wadah dari plastik yang food grade dan dua bilah mata pisau, Kris chopper mini ini bisa cepat menghaluskan bumbu dapur atau sebagai penggiling daging.

3.Maspion Food Chopper MFC-120GL (Rp300.000)

Chopper Maspion, lebih higienis dengan wadah kaca. | Instagram @maspion.official

Chopper makanan dari Maspion ini memiliki mata pisau yang kuat dan kokoh untuk menghaluskan daging, kacang-kacangan, dan bahan makanan lainnya. Wadahnya terbuat dari kaca tebal yang higienis dan kapasitasnya pun tidak terlalu besar, 1,2 liter sehingga tidak memakan tempat ketika disimpan. 

4.Oxone OX201 (Rp300.000 - Rp330.000)

Chopper Oxone memiliki kapasitas medium, yaitu 500 ml sehingga cocok digunakan untuk masak satset setiap hari. Chopper Oxone juga dilengkapi kunci pengaman dan mata pisau stainless sehingga kuat untuk mencincang bahan makanan dan bumbu.

Baca juga: Tips Merebus Sayur agar Tetap Segar dan Nutrisinya Terjaga

5.Idealife Chopper (Rp200.000 - Rp279.000)

Idealife chopper menerapkan sistem single speed jadi mudah untuk dilepas pasang saat proses mencuci. Menggunakan dua mata pisau stainless steel yang super tajam, membuat aktivitas memotong dan menghaluskan bumbu lebih mudah dan cepat. Chopper Idealife juga memiliki antislip rubber mat yang bisa menjaga keseimbangan ketika chopper sedang digunakan.

6.Bolde Super Chopper (Rp325.000)

Cincang bahan makanan hanya 15 detik dengan chopper Bolde | Instagram @bolde_id

Bolde Super Chopper menggunakan turbo power sehingga bisa menghaluskan bumbu, daging, atau sayuran hanya dalam waktu 15 detik saja. Dengan kapasitas 2 liter bisa membuat proses memasak dalam porsi besar selesai lebih cepat.

7.GM Bear Chopper (Rp220.000)

GM Bear Chopper menggunakan pisau 2 tingkat dengan 4 mata pisau yang sangat tajam sehingga sangat cepat dalam memotong bahan makanan apapun. Ada dua mode penggilingan, yaitu lembut dan cepat. Chopper ini juga terbuat dari stainless steel yang anti karat, kuat, tebal, dan tahan lama, serta mudah untuk dibersihkan.

 

Perlengkapan dapur modern seperti chopper ini, bukan saja membuat masak jadi satset, tetapi juga bikin bersemangat mencoba berbagai masakan yang resepnya bisa kamu cek di Cookin.id. 

 

Sumber:

https://www.ruparupa.com/blog/tips-memilih-chopper/

https://cekresi.com/plus/article/10-rekomendasi-chopper-listrik-yang-bagus-dan-berkualitas

https://pilihanpro.id/rumah/chopper-terbaik/