Kotak bekal plastik mudah menyerap bau dan noda. | Shutterstock

Cara Membersihkan Noda Minyak dan Bau Tak Sedap dari Kotak Bekal Plastik

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 11 Juni 2024 | 18:10 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Kotak bekal plastik banyak dipilih karena kuat dan harganya terjangkau. Sayangnya, noda minyak dan bau tak sedap dari kotak bekal plastik bisa bikin kehilangan selera untuk menghabiskan bekal makan siang.

Membawa bekal makan siang dari rumah sekarang bukan hanya dilakukan oleh anak-anak. Pekerja kantoran pun banyak yang membawa bekal karena alasan praktis, ekonomis, dan eco-living.

Kotak bekal yang digunakan umumnya berbahan plastik karena selain mudah ditemukan, memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Daya tahan yang kuat sehingga lebih awet
  • Ringan dan mudah dibawa
  • Mudah disimpan
  • Tahan suhu panas atau dingin
  • Tidak mengandung unsur logam sehingga tidak akan berkarat
  • Harga yang lebih terjangkau
  • Bisa digunakan berulang kali sehingga mengurangi sampah kemasan plastik

Meski begitu, kotak bekal plastik juga memiliki sejumlah kekurangan, seperti:

  • Tidak tahan terhadap jamur
  • Cepat lembap sehingga mengeluarkan bau apek 
  • Susah dibersihkan dari noda minyak
  • Warna yang memudar 

Baca juga: 4 Aturan Dasar Bikin Sandwich Buat Pemula, Bisa Langsung Praktik Buat Bekal Besok

Di antara beberapa kekurangan menggunakan kotak bekal plastik, salah satu yang sering dikeluhkan adalah munculnya bau tak sedap dan sulit dibersihkan dari noda minyak.

Bau tak sedap atau bau apek pada kotak bekal plastik disebabkan karena terbuat dari bahan polypropylene, sejenis plastik berpori. Nah, pori-pori ini memungkinkan menyerap bau dari makanan di dalamnya, terutama jika makanan tersebut disimpan dalam jangka waktu yang lama. Dan meskipun Cookiners sudah mencuci kotak bekal plastik dengan bersih, bau tak sedap ini sulit hilang. Alasan yang sama juga berlaku pada noda minyak. Minyak yang menempel pada permukaan plastik akan terserap pori-pori dan sulit dibersihkan.

Namun jangan buru-buru membuang atau mengganti kotak bekal kamu, Cookiners. Masih ada beberapa cara  membersihkan noda minyak dan bau tak sedap dari kotak bekal plastik.

Segera bersihkan kotak bekal dari sisa makanan dan cuci bersih agar terhindar dari bau dan noda. | Shutterstock


1.Taburkan soda kue

Isi kotak bekal plastik dengan air lalu taburkan satu sendok makan soda kue ke dalamnya. Cookiners bisa menambahkan lebih banyak soda kue jika ukuran kotak bekal lebih besar atau sangat bau dan berminyak.

Basahi bagian dalam tutup kotak bekal, lalu taburkan juga sedikit soda kue. Tutup kotak bekal, lalu diamkan selama 1 jam kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Baca juga: Coba, yuk! 7 Manfaat Baking Soda untuk Bersihkan Dapur

2.Sabun cuci piring cair dan air hangat

Air hangat bisa membantu melonggarkan ikatan antara noda dan permukaan kotak bekal plastik, serta melarutkan minyak sehingga lebih mudah dihilangkan. Caranya, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam kotak bekal, lalu isi dengan air hangat, kemudian tutup. Kocok dengan kuat kotak bekal tadi selama sekitar 30 detik. Lalu cuci seperti biasa dengan sabun cuci piring dan spons, kemudian bilas hingga bersih dan biarkan sampai kering.

3.Air panas dan garam

Air panas dan garam adalah kombinasi yang bagus untuk membersihkan noda minyak, sekaligus bau tak sedap pada kotak bekal plastik. Cookiners cukup siapkan wadah besar lalu isi dengan air panas dan taburkan 1–2 sendok makan garam. Masukkan kotak bekal plastik ke dalamnya dan biarkan selama 1-2 jam. Angkat dan cuci bersih seperti biasa.

4.Sabun cuci piring dan tisu

Remas 1-2 lembar tisu dan masukkan ke dalam kotak bekal plastic. Tuang satu sendok makan sabun cuci piring. Beri sedikit air hingga tisu terendam. Kemudian, tutup kotak bekal hingga rapat dan kocok kotak bekal hingga menghasilkan busa selama beberapa menit.  Buka kotak dan cuci seperti biasa. Minyak dan bau apek akan terserap oleh tisu.

Baca juga: Lima Manfaat Lemon ini Bikin Kamu Lupa pada Rasa Asamnya

5.Irisan lemon

Kandungan asam pada air lemon terkenal bisa menghilangkan minyak, sekaligus mengusir bau apek pada wadah berbahan plastik. Untuk melakukannya, Cookiners membutuhkan ½ buah lemon untuk menggosok kotak bekal. Gosok hingga air lemon keluar lalu biarkan selama 5-10 menit, lalu cuci seperti biasa.

 

Terpenting, untuk mencegah kotak bekal plastik dari noda minyak dan bau apek, sebaiknya segera buang sisa makanan yang ada di dalamnya lalu cuci hingga bersih. Cookiners bisa menutup dan menyimpan kotak bekal setelah benar-benar kering. Selamat mencoba!

 

Sumber:

https://www.merrymaids.com/cleaning-tips/quick-tips/remove-odors-plasticware/

https://www.inspiredhousewife.com/odors-stains-plastic-dishes/

https://www.njajan.com/2017/12/5-cara-paling-ampuh-menghilangkan-bekas-minyak-di-wadah-plastik.html