Sate kambing, salah satu olahan favorit daging kambing. | Shutterstock

Tips Mengolah Daging Kambing Empuk dan Tidak Prengus

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 10 Juni 2024 | 12:54 WIB

Daging kambing yang alot dan bau prengus tentu akan mengurangi selera makan. Cookiners bisa mencoba tips mengolah daging kambing agar empuk dan tidak prengus berikut ini.

Salah satu tantangan saat mengolah daging kambing adalah untuk membuatnya empuk dan tidak bau prengus saat matang. Bau prengus merupakan bau khas yang menyengat dari kambing (feromon), terutama pada kambing jantan, yang berfungsi untuk menarik kambing betina. 

Sebenarnya, kelenjar feromon itu berada di pangkal tanduk tapi selama proses penyembelihan, menguliti hingga pemotongan daging, bau tersebut dapat menyebar. Salah satunya karena tangan yang digunakan untuk menyembelih dan menguliti kulit kambing adalah tangan yang sama untuk memegang bagian dagingnya.

Meski begitu, bukan berarti daging kambing pasti akan selalu berbau prengus. Banyak cara yang bisa Cookiners lakukan agar daging kambing empuk dan tidak bau prengus.

1.Diamkan Sejenak (Rest Time)

Daging yang baru dikuliti sebaiknya didiamkan sejenak (rest time) sebelum diolah untuk dimasak agar otot-ototnya dapat mengendur. Pasalnya ketika disembelih, otot-otot daging dalam keadaan tegang. 

2.Buang Bagian Lemak

Lemak berwarna putih yang menempel pada daging menjadi salah satu penyebab munculnya bau prengus. Buang bagian lemak sebelum daging kambing diolah. Namun Cookiners tak perlu sampai membuat daging benar-benar bersih dari lemak karena dapat mengurangi rasa gurih pada olahan daging.

3.Hindari Mencuci Daging Kambing 

Daging kambing yang dicuci atau terpapar air akan membuat bau prengus semakin tajam dan semakin menyebar. Sebaiknya daging kambing langsung diolah atau direbus selama beberapa menit hingga keluar buih, lalu buang airnya. Cookiners bisa melanjutkan mengolah atau memasak daging sesuai resep.

Baca juga: 4 Cara Mengempukkan Daging Kambing Yang Hasilnya Nggak Mengecewakan 

4.Rebus Bersama Rempah

Merebus daging bersama rempah seperti jahe, daun salam, atau serai bisa mengurangi bau prengus. Rempah-rempah tadi akan mengeluarkan aroma khas sehingga bisa mengurangi bau amis dan juga prengus.

Pastikan air dalam panci sudah mendidih sebelum daging dimasukkan agar daging lebih empuk.

5.Potong Berlawanan Arah Serat

Memotong daging kambing tanpa memperhatikan arah serat akan membuat daging menjadi keras atau alot. Pastikan untuk memotong daging berlawanan arah serat. Misalnya, arah serat daging vertikal, maka Cookiners dapat memotongnya secara horizontal, dan sebaliknya. Semakin pendek seratnya, daging akan semakin empuk.

Bungkus daging kambing dengan daun pepaya agar empuk. | Shutterstock

6.Marinasi dengan Bumbu

Untuk menghilangkan bau prengus, Cookiners bisa memarinasi daging kambing dengan garam, air jeruk nipis, bawang putih yang telah dihaluskan, atau ketumbar bubuk. Selain bisa mengurangi bau prengus, bahan-bahan tadi juga bisa membuat rasa daging lebih nikmat.

Baca juga: Sate Kambing Berempah Yang Ini Empuk, Nggak Berbau Dan Bumbunya Meresap Nikmat

7.Marinasi dengan Nanas atau Mentimun

Marinasi dengan nanas ternyata bukan hanya bisa mengempukkan daging tetapi juga bisa mengurangi bau prengus. Selain nanas, Cookiners juga bisa menggunakan mentimun yang telah diparut. Getah mentimun bisa mengurangi bau prengus. 

Caranya, nanas atau mentimun yang telah diparut dibalurkan ke daging sambil diremas perlahan, lalu diamkan selama beberapa menit. Terlalu lama marinasi daging dengan nanas akan membuat daging lembek atau bahkan hancur. Setelah beberapa menit, cuci sebentar daging di bawah air mengalir.

8.Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat daging lebih empuk. Cookiners bisa membungkus daging yang sudah dipotong menggunakan daun pepaya, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu olah atau masak daging sesuai resep yang diinginkan.

9.Merebus dengan Panci Presto (Pressure Cooker)

Ini adalah cara yang paling simpel untuk membuat daging kambing lebih empuk, yaitu direbus menggunakan panci presto. Rebus daging bersama rempah-rempah seperti daun salam, jahe, atau serai selama sekitar 30-40 menit dengan api sedang. Lalu daging bisa diolah dan dimasak.

 

Idul Adha 2024 sudah di depan mata, Cookiners sudah punya ide daging kambing enaknya dimasak apa? Cookiners bisa mencoba berbagai resep olahan daging kambing yang ada di Cookin.id sambil mencoba salah satu tips di atas. Namun ingat, jangan berlebihan mengonsumsi daging kambing karena bagi sebagian orang yang memiliki riwayat medis tertentu, daging kambing bikin darah tinggi. 



Sumber:

https://dinkes.mojokertokab.go.id/detail-artikel/tips-mengurangi-bau-prengus-pada-daging-kambing#:~:text=Anda%20cukup%20membaluri%20daging%20dengan%20garam%20lalu%20diamkan%20sekitar%20satu%20jam.&text=Bau%20prengus%20juga%20dapat%20dihilangkan,mampu%20mengurangi%20bau%20amis%20daging.

https://www.kompas.com/food/read/2022/02/20/172600275/10-cara-masak-daging-kambing-agar-empuk-dan-tidak-bau-prengus?page=2

https://kaltimtoday.co/kenapa-daging-kambing-bau-prengus-berikut-cara-pengolahan-yang-benar#:~:text=Sebab%20bau%20pada%20daging%20kambing&text=Bau%20prengus%20berasal%20dari%20uri,mampu%20membuat%20kambing%20betina%20birahi.&text=Bau%20prengus%20pada%20kambing%20menjadi,karbonil%20dan%20asam%2Dasam%20lemak