Pancake Jepang yang lembut dan empuk. | Shutterstock

Bikin Pancake Jepang yang Lembut, Tebal, dan Nggak Kempes Ternyata Semudah Ini!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 8 Juni 2024 | 10:00 WIB

Untuk menu sarapan atau dessert, rasa manis ataupun gurih, pancake tetap jadi salah satu comfort food favorit. Mau tahu rahasia bikin pancake ala Jepang yang lembut dan nggak kempes?

Tahukah Cookiners, ternyata beberapa negara memiliki bentuk dan tekstur pancake yang khas. Di Amerika dan Kanada, pancake berbentuk bulat agak tipis dengan tekstur empuk dan sedikit berongga. Umumnya cita rasa adonannya manis dan dinikmati dengan sirup maple.

Lain lagi dengan pancake di Eropa yang dibuat lebih tipis dan renyah, lalu disantap dengan olesan selai buah, lemon, atau gula halus. Indonesia pun punya pancake lokal, Cookiners. Kita biasanya menyebutnya dengan serabi atau surabi. Rasanya lebih variatif, ada yang manis dengan kuah gula merah, dan ada yang gurih dengan taburan kelapa atau oncom.

Beberapa tahun belakangan, pancake ala Jepang menarik perhatian masyarakat. Teksturnya lembut, empuk, dan tebal, atau disebut juga fluffy pancake, jiggly pancake, atau souffle pancake. Meski kini tren pancake sudah semakin berkembang, masih banyak orang yang menyukai pancake ala Jepang.

5 Tips Sukses

Ingin tahu rahasia sukses membuat pancake ala Jepang? Cek beberapa rekomendasi dari situs The Kitchn yang wajib diketahui sebelum Cookiners membuatnya di rumah.

1.Gunakan buttermilk suhu ruangan.

Buttermilk suhu dingin akan menyebabkan mentega cair di dalam adonan mengeras.

2.Kocok putih telur dan lipat.

Kocok putih telur hingga kaku kemudian masukkan perlahan (bagi menjadi tiga bagian) ke dalam adonan pancake, aduk dengan cara melipat hingga tercampur rata.

3.Siapkan cetakan ring.

Untuk membantu mempertahankan bentuk saat dimasak, Cookiners sebaiknya menggunakan cetakan ring. Semprot bagian dalam ring dengan cooking spray. Jangan mengisi cetakan berlebihan, cukup kurang dari setengah bagian saja karena adonan akan naik saat dimasak.

Baca juga: Mini Berries Pancake, Jadi Menu Sarapan Atau Dessert Sama-Sama Susah Dilupain

4.Tutup wajan dengan serbet.

Dengan cara ini tekstur pancake akan menjadi ringan, empuk, dan nggak mudah kempes. Pastikan juga Cookiners memasak dengan api kecil sehingga proses memasak perlahan hingga mengembang.

5.Jangan membalik terlalu cepat.

Tunggu sampai gelembung terbentuk di bagian atas pancake dan bagian tengah hanya sedikit yang bergoyang sebelum membalik cetakan dengan menggunakan penjepit. Jika dibalik terlalu cepat, adonan yang belum matang akan keluar dari cetakan, warnanya belum menjadi cokelat keemasan, dan tekstur kulitnya juga belum renyah.

Cocok untuk sarapan maupun dessert. | Shutterstock

Resep Pancake Antikempes

Bahan:

4 putih telur

2 kuning telur

1 ¼ cangkir buttermilk , suhu ruang

2 sendok makan mentega tawar, lelehkan dan dinginkan

2 sendok teh ekstrak vanilla

1 ½ cangkir tepung serbaguna

3 sendok makan gula pasir

1 ½ sendok teh garam

1 sendok teh baking powder

½ sendok teh soda kue

Cooking spray untuk cetakan dan wajan

Sirop maple dan buah beri segar, untuk topping sesuai selera

Baca juga: Bukan Cuma Martabak, Pancake Juga Bisa Tipis Kering

Cara Membuat:

1.Kocok putih telur hingga kaku. Gunakan kecepatan sedang hingga berbusa, lalu tingkatkan ke kecepatan tinggi sekitar 1-2 menit hingga kaku. Simpan di lemari es.

2.Kocok bahan basah menjadi satu, yaitu kuning telur, buttermilk, mentega cair, dan vanilla dalam satu wadah.

3.Tambahkan bahan kering, yaitu tepung, gula, garam, baking powder, dan soda kue. Aduk hingga tercampur rata.

4.Masukkan putih telur perlahan menggunakan spatula karet ke dalam adonan pancake. Bagi menjadi tiga bagian, aduk lipat hingga tercampur rata.

5.Panaskan wajan antilengket dan cetakan ring yang sudah dilapisi cooking spray. Cookiners bisa menggunakan 1-4 cetakan ring, tergantung dari besarnya wajan.

6.Sendokkan adonan ke dalam masing-masing cetakan hingga kurang dari setengahnya.

Baca juga: Cara Menyimpan Gula Halus agar Tidak Mengeras dan Menggumpal

7.Tutup wajan dengan serbet dan tutup wajan.

8.Masak pancake dengan api kecil selama 13-15 menit hingga adonan mengembang, terbentuk gelembung, pinggiran tampak kering.

9.Balik pancake kemudian lanjutkan memasak tanpa tutup sekitar 3-4 menit hingga pancake matang.

10.Lepaskan pancake dari cetakan dan sajikan dengan topping pilihan.

Sudah terbayang kenikmatan pancake Jepang yang hangat, lembut, tebal, dan nggak kempes? Silakan dicoba di rumah trik dan resep yang sudah Cookin share, ya. Jangan lupa, mention hasil recook kamu ke Instagram @cookin.id.

 

 

Sumber:

https://www.thekitchn.com/japanese-pancakes-266949

https://www.buzzfeed.com/tashweenali/pancakes-from-around-the-world