Hindari merebus sayuran terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang. | Shutterstock

Tips Merebus Sayur agar Tetap Segar dan Nutrisinya Terjaga

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 5 Juni 2024 | 10:00 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik bagi kesehatan. Namun dalam proses memasaknya, kita mungkin kehilangan sebagian nutrisinya. Berikut ini tips merebus sayuran agar tetap segar dan nutrisinya terjaga.

Memasukkan menu sayuran sebagai makanan sehari-hari sudah tentu sangat baik bagi kesehatan seluruh anggota keluarga. Apalagi mengingat semua sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat. 

Memasak menu sayuran terbilang mudah dan tak makan waktu lama. Namun ketika memasak sayuran dengan cara yang salah, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bisa berkurang atau bahkan hilang.

Beberapa sayuran memang dapat dimakan mentah, seperti selada, bit, kubis, dan paprika. Dengan memakan dalam kondisi mentah, jenis sayuran tadi akan lebih terasa segar dan terjaga kandungan nutrisinya.

Namun, ada pula sayuran yang kandungan vitamin dan mineralnya justru menjadi lebih tinggi setelah terkena panas atau dimasak terlebih dahulu. Misalnya, wortel yang dimasak akan memiliki lebih banyak senyawa beta karoten, yaitu antioksidan yang dapat diubah menjadi vitamin A dan bermanfaat bagi kesehatan mata, tulang, organ reproduksi, dan memperlambat penuaan dini.

Tomat juga lebih baik dimasak, karena setelah terkena panas kandungan likopennya akan meningkat. Likopen adalah senyawa alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari peradangan.

Baca juga: Ini Dia Sayur dan Buah Yang Pantang Disimpan Di Lemari Es

Cara Merebus Sayur yang Tepat

Penelitian menunjukkan proses memasak sebenarnya memecah lapisan luar dan struktur sayuran yang keras sehingga memudahkan tubuh menyerap nutrisinya. Namun dalam proses memasak, sayuran juga berisiko kehilangan sebagian nutrisinya.

Metode memasak sayuran yang lebih dianjurkan adalah dikukus dan direbus. Namun, buat Cookiners yang lebih menyukai sayuran rebus, ada cara-cara yang bisa diikuti agar sayuran rebus tetap segar dan nutrisinya tetap terjaga.

1.Cuci sebelum potong

Cookiners sebaiknya mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum memotongnya. Jika melakukan sebaliknya, sebagian besar nutrisi akan larut bersama air.

2.Kupas setelah rebus

Banyak nutrisi sayuran terkonsentrasi di dalam atau tepat di bawah kulit. Kulit sayuran juga mempertahankan nutrisi selama proses perebusan. Jika Cookiners tetap ingin mengupasnya, sebaiknya setelah direbus, ya.

Baca juga: Tips Marinasi Ayam agar Bumbu Meresap dan Daging Empuk

Potong sayuran setelah dicuci. | Shutterstock

3.Gunakan sedikit air

Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk merebus, maka semakin besar juga kemungkinan nutrisi hilang bersama air. Hindari menggunakan banyak air hingga sayuran tenggelam di dalamnya. Air untuk merebus cukup hingga di bawah permukaan sayuran. Jika sayuran dirasa masih mentah dan air rebusan sudah habis, Cookiners bisa menambahkan sedikit air lagi ke dalam panci.

Baca juga: Buah dan Sayuran Tersimpan Aman di Kulkas? Belum Tentu!

4.Tutup saat direbus

Menutup masakan akan membantu uap panas mematangkan sayuran lebih cepat sehingga sayuran tidak sampai lembek dan kehilangan kandungan nutrisinya.

5.Jangan terlalu lama

Merebus sayuran terlalu lama merupakan salah satu penyebab utama hilangnya nutrisi. Waktu terbaik merebus sayuran hanya 5-7 menit saja.

6.Gunakan api kecil

Gunakan api kecil selama merebus sayuran karena banyak nutrisi dan mineral yang sensitif terhadap panas. Api yang besar juga akan membuat air rebusan cepat mendidih, padahal sayuran belum matang sehingga Cookiners akan menambahkan durasi merebusnya.

7.Hindari memanaskan sayuran

Memanaskan sayuran menyebabkan panas berulang dan kandungan nutrisinya semakin hilang. Cookiners sebaiknya memasak sayuran dalam jumlah yang tepat sehingga tidak bersisa.

 

Menjaga kandungan nutrisi pada sayuran sangatlah penting untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Ingin mencoba berbagai kreasi sayuran? Langsung cek di website cookin.id, yuk!

 

Sumber:

https://www.farmanddairy.com/top-stories/how-to-cook-vegetables-to-retain-nutrients/395198.html

https://www.sutterhealth.org/ask-an-expert/answers/most-nutritious-way-to-cook-vegetables

https://www.jjbarnes.co.uk/how-to-preserve-nutrition-when-cooking-vegetables/