Dengan perawatan tepat, cast iron awet puluhan tahun. | Shutterstock

Merawat Alat Masak Berbahan Cast Iron agar Awet dan Bebas Karat

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 1 Juni 2024 | 10:00 WIB

Buat Cookiners yang masih maju mundur membeli alat masak berbahan cast iron, simak dulu cara merawatnya dalam artikel ini. Jangan sampai karena salah merawat, malah berujung karat.

Setelah sempat kalah pamor dengan alat masak berbahan teflon dan stainless steel, penggunaan alat masak berbahan cast iron kembali populer. Dari segi harga cast iron memang lebih mahal, namun kualitas dan daya tahannya sepadan.

Cast iron juga dinilai lebih sehat karena tidak mengandung pelapis kimia antilengket dan ramah lingkungan karena masa pakainya panjang. Selain itu, cast iron mampu menahan panas lebih lama dan merata sehingga makanan cepat matang.

Meski punya banyak kelebihan, bahan cast iron juga punya beberapa kekurangan. Salah satunya adalah mudah berkarat jika perawatannya tidak tepat. Jadi, bagaimana cara merawat cast iron agar awet dan bebas karat?

1.Jangan dicuci saat masih panas

Setelah dipakai memasak, jangan langsung dicuci. Tunggu hingga benar-benar dingin. Jika Cookiners nekat mencucinya, permukaan alat masak bisa rusak karena perbedaan suhu yang drastis.

2.Bersihkan sisa makanan yang menempel

Setelah cast iron sudah tidak panas, bersihkan sisa-sisa masakan yang menempel dengan beberapa cara berikut:

-Lap dengan tisu kering.

-Gunakan sendok plastik atau spatula kayu.

-Taburi sedikit garam dan gosok dengan lap kering.

-Rebus sedikit air dalam cast iron hingga sisa masakan terlepas.

Baca juga: Cara Mencuci Buah agar Bebas Residu Pestisida dan Lapisan Lilin

3.Cuci dengan air panas tanpa direndam

Cuci cast iron menggunakan air panas karena akan membantu meluruhkan sisa-sisa masakan yang masih menempel. Hindari merendam cast iron dalam air karena dapat menyebabkan karat.

4.Sabun boleh, tapi…

Brand cast iron lokal, Skitchen, dalam situsnya menyebutkan bahwa alat masak berbahan cast iron bisa dicuci menggunakan sabun, asalkan setelahnya diseasoning ulang. Sabun boleh dipakai hanya jika sangat dibutuhkan, dengan takaran sedikit dan dicampur air.

Sementara situs Food Network menilai pemakaian sabun dapat mengikis lapisan cast iron sehingga harus dihindari meski sedikit.

| Shutterstock

5.Segera keringkan

Setelah dicuci, lap cast iron hingga kering. Jangan biarkan cast iron kering dengan sendirinya karena sisa tetesan air bisa memicu karat.

6.Seasoning secara berkala

Untuk menjaga kualitas cast iron, lakukan proses seasoning secara berkala. Caranya, oleskan minyak sayur, minyak canola, atau minyak biji anggur ke seluruh permukaan cast iron. Kemudian panaskan di atas api kecil selama sekitar 10 menit.

Lebih lengkapnya, Cookiners bisa membaca artikel Bagaimana Cara Seasoning Alat Masak Berbahan Cast Iron.

| Shutterstock

7.Jika terlanjur berkarat

Ada dua cara yang bisa Cookiners lakukan jika cast iron terlanjur berkarat:

-Buat pasta dari campuran baking soda dan perasan air lemon. Oles ke seluruh permukaan yang berkarat, lalu bungkus plastik dan diamkan seharian. Kemudian cuci menggunakan wol baja/scrubber logam dan air panas.

-Gosok bagian karat menggunakan wol baja/scrubber logam, garam kasar, dan sedikit air panas.

8.Simpan digantung

Simpan alat masak cast iron dengan cara digantung atau ditumpuk dengan menyelipkan tisu dapur di setiap selanya agar tidak tergores.

 

Dengan perawatan yang tepat, alat masak berbahan cast iron bisa awet dipakai hingga puluhan tahun. Siapa tahu, anak cucu Cookiners masih bisa mewarisinya kelak. Selamat mencoba!

 

Sumber:

https://www.marthastewart.com/8324383/how-to-make-cast-iron-skillet-last-forever

https://www.foodnetwork.com/how-to/packages/food-network-essentials/how-to-clean-a-cast-iron-skillet

https://www.thekitchn.com/caring-for-cast-iron-259463

https://skitchen.id/kamus-cast-iron/tips-pertama-kali-menggunakan-panci-cast-iron/