Bersihkan kerak panci hingga bau talenan dengan baking soda. | Shutterstock

Coba, yuk! 7 Manfaat Baking Soda untuk Bersihkan Dapur

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 28 Mei 2024 | 11:08 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Jangan sampai Cookiners tidak menyimpan baking soda di dapur karena manfaatnya sangat beragam!

Baking soda atau sodium bikarbonat kerap ditambahkan pada adonan kue, roti, atau bolu untuk membuatnya mengembang sempurna. Namun, lebih dari itu, baking soda ternyata memiliki manfaat lain, yaitu untuk membersihkan dapur dan peralatannya. 

Tekstur alami dan sifat kimia yang abrasif, membuat baking soda bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajan dan panci, mengangkat noda membandel, hingga menghilangkan bau tak sedap.

1.Menghilangkan Bau Talenan hingga Tempat Sampah

Tempat sampah bisa menjadi sumber bau busuk di dapur. Untuk menghilangkan baunya, Cookiners bisa menaburkan sedikit baking soda ke bagian sisi dalam tempat sampah.

Cookiners juga bisa melakukan hal yang sama pada permukaan talenan, baik talenan plastik maupun kayu. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan setengah buah lemon untuk menggosok baking soda di permukaan talenan. Selain bisa menghilangkan bau, baking soda juga bisa menghilangkan noda membandel di permukaan talenan.

Baca juga: Beda Baking Powder dan Soda Kue

2.Menghilangkan Noda Kopi dan Teh

Mug atau cangkir keramik yang sering dipakai untuk menyeduh kopi atau teh biasanya memiliki noda kecokelatan yang tebal di bagian dalamnya dan biasanya sulit dihilangkan dengan cara mencucinya seperti biasa.

Cookiners bisa menaburkan sedikit baking soda ke dalam mug atau cangkir lalu diamkan selama 1-2 menit, kemudian gosok menggunakan spons basah. Setelahnya, cuci mug dan cangkir seperti biasa.

3.Membersihkan Rak Oven 

Rak oven, panci, dan wajan menjadi salah satu peralatan dapur yang sulit dibersihkan karena noda atau kotoran yang sudah terlanjur mengeras, entah itu karena tumpahan minyak, lemak, sisa makanan, atau makanan gosong.

Untuk membersihkannya, Cookiners bisa merendam rak oven, panci, dan wajan ke dalam ember yang sudah diisi dengan air panas dan ½ cangkir baking soda. Diamkan selama 1-2 jam, lalu gosok menggunakan sikat hingga bersih.

Baca juga: Cara Mencuci Buah agar Bebas Residu Pestisida dan Lapisan Lilin

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan rak oven. | Shutterstock

4.Membersihkan Kerak pada Panci dan Wajan

Panci dan wajan adalah peralatan makan yang paling sering mengalami kerak membandel akibat sisa makanan, lemak, dan kotoran lainnya. Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada panci dan wajan tanpa merusak permukaannya.

Caranya cukup rendam panci dan wajan pada larutan baking soda selama 15-20 menit lalu bilas dan cuci seperti biasa.

5.Menghilangkan Noda dan Bau dari Wadah Plastik

Wadah plastik biasanya lebih awet dibanding bahan lainnya. Sayangnya, noda pada wadah plastik terbilang sulit dihilangkan. Namun dengan baking soda, Cookiners akan lebih mudah membersihkannya. Caranya, isi wadah plastik dengan larutan air dan baking soda lalu diamkan semalaman. Di pagi hari, bilas dan bersihkan seperti biasa. Wadah plastik Cookiners dijamin bebas noda dan bau.

Baca juga:  Mau Bikin Kue, Tapi Kehabisan Baking Powder. Apa Yang Harus Dilakukan?

6.Menyerap Bau Kulkas

Cookiners tidak perlu menaburkan bubuk baking soda di dalam kulkas, namun cukup meletakkan baking soda pada wadah atau toples terbuka lalu masukkan ke dalam kulkas.

Taburkan baking soda untuk mengatasi saluran air yang tersumbat. | Shutterstock

7.Mengatasi Saluran Tersumbat

Saluran air yang tersumbat bisa jadi sangat mengganggu aktivitas kita di dapur. Coba taburkan 2-3 sendok makan baking soda ke dalam saluran pembuangan lalu tuangkan cuka panas (yang sudah dididihkan di kompor atau microwave).

Biasanya langsung akan terlihat reaksi kimianya berupa bunyi mendesis dan berbusa. Hal itu diharapkan bisa memecah sumbatan. Setelah itu, alirkan air panas ke dalam saluran air untuk membilas agar aliran air semakin lancar.

 

Cookiners tak perlu khawatir, sifat baking soda yang tidak beracun menjadikannya sebagai pembersih yang aman untuk permukaan atau peralatan dapur. Selain itu, baking soda juga ekonomis dan ramah lingkungan.

Di dapur Cookiners sudah tersedia baking soda? Coba praktikkan, yuk!

 

Sumber:

https://draxe.com/nutrition/baking-soda-uses/

https://www.allrecipes.com/article/how-to-clean-with-baking-soda/

https://www.merrymaids.com/cleaning-tips/quick-tips/10-ways-to-use-baking-soda-for-cleaning/

https://www.marthastewart.com/cleaning-with-baking-soda-8363193