Pisang goreng khas Indonesia memiliki cita rasa manis dan gurih. | Shutterstock

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Beragam Olahan Pisang Goreng Berbagai Negara

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 24 Mei 2024 | 17:01 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Siapa yang tak mengenal pisang goreng? Kudapan berbahan utama pisang dan tepung terigu ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Mulai dari pedagang di pinggir jalan hingga restoran di hotel bintang lima menyediakan menu pisang goreng. 

Pisang goreng sangat digemari karena menawarkan paduan rasa otentik yang pas di lidah. Manis dari pisang dan crunchy dari tepung, membuat siapa saja suka menyantapnya. Bahkan, pada 19 Februari 2023 hidangan pisang goreng asal Indonesia dinobatkan sebagai best deep-fried desserts alias hidangan penutup goreng terbaik di dunia versi Taste Atlas dengan nilai 4,6/5, mengalahkan churros dari Spanyol dan bomboloni dari Italia.

Tapi tahukah Cookiners, ternyata bukan hanya Indonesia yang punya kudapan berbahan pisang dan diolah dengan cara digoreng? Berbagai negara berikut ini juga mengolah pisang menjadi camilan yang lezat, lho.

1.Plátanos Maduros Fritos (Meksiko)

Sebetulnya selain Meksiko, plátanos maduros fritos adalah pisang goreng khas di beberapa negara Amerika Tengah dan Karibia, seperti Cuba, Guatemala, dan Dominica.

Pisang yang digunakan biasanya pisang raja. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Pisang raja dikupas lalu dibelah menjadi dua atau diiris tipis, kemudian digoreng di dalam minyak yang banyak hingga berwarna kecoklatan, lalu diangkat dan ditiriskan. Uniknya, plátanos maduros fritos akan diberi taburan garam saat disajikan.

Baca juga: Tren Kopi Topping Daun Bawang “Scallion Latte” di Cina, Cookiners Berani Coba?

Platanos maduros fritos, pisang goreng khas beberapa negara di Benua Amerika. | Shutterstock

2.Kluay Khaek (Thailand)

Negara tetangga yang terkenal dengan kuliner yang unik ini ternyata juga memiliki makanan dari olahan pisang goreng, namanya kluay khaek. Hampir sama dengan pisang goreng Indonesia, kluay khaek juga digoreng dengan balutan tepung. Yang membedakan, tepung dicampur dengan parutan kelapa dan wijen.

Kluay khaek kemudian digoreng di minyak panas yang sudah ditambahkan daun pandan segar di dalamnya. Ini membuat kluay khaek memiliki cita rasa manis gurih dan wangi pandan.

Rasa gurih wijen menjadi kekhasan kluay khaek. | Shutterstock

3.Dodo Alico (Afrika)

Dodo alico sangat populer di negara-negara Afrika sebagai camilan atau makanan utama. Untuk membuat dodo alico, pisang raja atau pisang tanduk yang masih mengkal dikupas lalu dipotong serong tipis dan diberi bumbu garam dan cayenne pepper, kemudian digoreng hingga kering.

Dodo alico biasanya dimakan dengan cocolan saus pedas yang terbuat dari cabai, wortel, dan bahan-bahan lainnya.

Tonton Video Resep Pisang Goreng Kelapa Muda, Rasa Dan Teksturnya Penuh Kejutan

4.Cartola (Brasil)

Dilansir dari Taste Atlas, cartola adalah dessert pisang goreng yang dilapisi keju dan gula. Untuk membuat cartola, pisang dipotong-potong lalu digoreng dengan butter. Bagian atas pisang kemudian dilapisi keju jenis queijo coalho yang dimasak hingga kecokelatan. Keju khas ini tidak mudah meleleh, mirip keju feta dengan cita rasa tidak asin. Sebagai sentuhan terakhir, pisang ditaburi campuran gula pasir dan bubuk kayu manis.

Selimut keju khas Brasil bikin cartola jadi istimewa. | Shutterstock

5.Chuoi Chien (Vietnam)

Tampilan chuoi chien sama seperti pisang goreng Indonesia. Yang membedakannya, adonan tepung chuoi chien ditambahkan bahan-bahan lain, seperti santan, krim kelapa, kelapa parut, madu, dan kayu manis.

Tonton videonya: Pisang Goreng Cireng, Cara Seru Nikmati Pisang 

6.Pinaypay Na Saging (Filipina)

Bentuk pinaypay na saging seperti pisang goreng di Indonesia. Pisang yang digunakan adalah pisang saba, yang digoreng hingga kering lalu diberi taburan gula bubuk.

Sepiring pisang goreng cocok untuk teman ngopi atau ngeteh sore. | Shutterstock

7.Pisang Goreng Masala (India)

Pisang goreng masala terbuat dari jenis pisang kari yang masih mengkal lalu dikupas dan dipotong tipis-tipis. Pisang kemudian direndam ke dalam air yang telah dicampur dengan bubuk cabai, bubuk kunyit, dan garam. Setelah itu, pisang digoreng dalam minyak panas hingga garing. Sentuhan akhir, taburan potongan daun kari untuk melengkapi. Pisang goreng masala memiliki rasa yang gurih dan pedas. Orang India biasanya menyantap pisang goreng masala bersama nasi.

 

Wah, ternyata beragam olahan pisang goreng juga bisa ditemui di berbagai negara. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pisang goreng, seperti pisang goreng madu, pisang goreng sambal roa, atau pisang goreng kipas.

Cookiners yang ingin membuat aneka ragam pisang goreng, jangan ragu kunjungi website atau Instagram cookin.id dan temukan beragam resep berbahan pisang yang menarik dicoba!

 

Sumber:

https://www.tasteatlas.com/cartola

https://www.thespruceeats.com/fried-bananas-in-crispy-batter-3217325

https://www.food.com/recipe/fried-sweet-plantains-platanos-maduros-fritos-79727

https://id.theasianparent.com/pisang-goreng-berbagai-negara

https://www.youngontop.com/10-olahan-pisang-dari-berbagai-belahan-dunia/

https://radarpekalongan.disway.id/read/53364/mirip-pisang-goreng-inilah-kreasi-makanan-dari-pisang-di-berbagai-negara-pernah-cicipi/15