Tiramisu, dessert khas Italia yang manis dan creamy. | Shutterstock

Si Manis Tiramisu, Awalnya Makanan Afrodisiak di Pusat Hiburan Malam

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 24 Mei 2024 | 15:39 WIB

Penulis: Bianca Swasono

Tiramisu, salah satu makanan penutup dengan rasa yang khas. Perpaduan keju mascarpone, kopi, bubuk kakao, dan krim lembut menciptakan keunikan rasa yang tiada dua. Tidak jarang, ada varian makanan lain yang menggunakan cita rasa tiramisu. Misalnya, donat tiramisu, pancake saus tiramisu, bahkan minuman semacam tiramisu latte. Asal muasal tiramisu juga sangat menarik disimak, Cookiners!

Siapa yang tidak suka tiramisu? Teksturnya yang lembut dan creamy, serta rasanya yang manis membuat orang ingin terus memakannya. Tiramisu klasik mengandung telur, gula pasir, whipping cream, keju mascarpone, larutan kopi, bubuk kakao, serta biskuit ladyfinger (savoiardi). 

Tiramisu dibuat dengan menyusun ladyfinger yang telah dicelupkan ke larutan kopi sebagai dasar kue, kemudian dilapisi adonan mascarpone di atasnya, dilanjutkan dengan taburan kakao secukupnya, lalu ulangi lagi lapisannya, dan diakhiri dengan lapisan keju dan kakao.

Sejarah Seksi di Treviso

Nama tiramisu diambil dari kata “tireme su”, yang berarti “jemput aku”. Kata tersebut berasal dari dialek Treviso di daerah Timur Laut Italia, yang kemudian berubah menjadi “Tiramisu” mulai abad ke-20.

Tahukah Cookiners, ternyata tiramisu awalnya dibuat untuk menghasilkan efek afrodisiak? Afrodisiak berarti substansi atau zat yang bisa meningkatkan performa, hasrat, dan kesenangan seksual. Penggunaan bahan makanan untuk efek afrodisiak sebenarnya telah ada sejak lama di banyak kebudayaan. Misalnya, makanan seperti cokelat, oyster, dan ginseng.

Menurut situs Accademia del Tiramisu, awalnya tiramisu diciptakan oleh seorang “Siora” (madam) pemilik rumah prostitusi di Treviso pada tahun 1800-an. Treviso saat itu memang terkenal sebagai pusat hiburan malam di Italia. Tiramisu sengaja dibuat dan disajikan sebagai makanan pembuka atau penutup untuk membangkitkan gairah dan energi para pelanggan rumah-rumah prostitusi.

Meski hingga kini Treviso dikenal sebagai kampung halaman tiramisu, perihal di mana dan kapan tepatnya tiramisu diciptakan masih menjadi misteri. Clara dan Gigi Padovani, pasangan penulis buku-buku kuliner, mengklaim bahwa terdapat dokumen tahun 1950 yang menunjukkan tiramisu berada di wilayah Friuli-Venezia Giulia. Pendapat lainnya menyatakan tiramisu sudah dibuat sejak abad 17 di wilayah lainnya.

Tonton videonya: Tiramisu Lembut dan Creamy Yang Langsung Bikin Lupa Diri

Penambah Energi setelah Melahirkan

Rumah-rumah prostitusi di Treviso semakin berkembang, namun akhirnya pemerintah menutup semua bisnis tersebut. Pun demikian, hidangan tiramisu tetap dibuat oleh masyarakat di sana.

Salah satunya adalah seorang perempuan hamil yang pernah berkunjung ke rumah prostitusi di Treviso. Ia memodifikasi resep tiramisu menjadi hidangan “sbatudin”. Terbuat dari kuning telur dan gula yang dikocok. Uniknya, sbatudin membantunya tetap berenergi selama kehamilan, bahkan setelah melahirkan dan saat harus sering begadang mengurus bayinya.

Resep sbatudin ini kemudian sampai kepada seorang chef di restoran Le Beccherie yang ada di kota Veneto. Sang chef memodifikasi sbatudin menjadi pencuci mulut “ringan” yang kemudian menjadi cikal bakal hidangan tiramisu di restoran tersebut.

Baca juga: Kalahkan Taco dan Crepes, Siomay jadi Jajanan Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas 2024

Sentuhan kopi dan bubuk kakao membuat rasa tiramisu khas. | Shutterstock

5 Rekomendasi Tiramisu Enak di Jakarta

Terlepas dari sejarah tiramisu yang berliku, tiramisu menjadi hidangan klasik yang tetap dicari hingga kini di berbagai negara. Bahkan sejak tahun 2017, setiap tanggal 21 Maret diperingati sebagai World Tiramisu Day.

Walau di Indonesia mungkin kita tidak merayakan hari tersebut, bagi Cookiners yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya bisa ikut merasakan kelezatan tiramisu yang disajikan di beberapa tempat berikut.

1.Osteria Gia

Restoran Italia ini memiliki menu tiramisu klasik yang sangat populer karena perpaduan yang pas antara rasa manis, creamy, dan kopi. Osteria Gia ada di beberapa mal di Jakarta, antara lain Pondok Indah Mal 2, Pacific Place, dan Plaza Indonesia. Siapkan kocek sekitar Rp100 ribu untuk seporsi tiramisu yang meleleh lembut di mulut.

2.Maiku Tiramisu

Tiramisu house ini dibilang masih gres dan viral, Cookiners! Siap-siap antre puluhan kalau tidak reservasi. Kelezatan tiramisunya memang sudah diakui banyak orang. Tersedia varian tiramisu klasik, lotus, lemon, black forest, matcha, jasmine, earl gray, hingga pistachio yang dijual dengan harga per porsi Rp65-75 ribu saja. Favorit Cookin yang pistachio, manis gurih dan creamy-nya pas!

Tonton videonya: Bosan Bentuk Kue, Tiramisu Juga Bisa Jadi Es Potong

3.Mamma Rosy

Cookiners bisa menemukan makanan kasual Italia, termasuk tiramisu, dan juga menu vegan di Mamma Rosy yang terletak Kemang Raya, Jakarta Selatan. Untuk tiramisu milik Mamma Rosy, rasanya sangat enak dan otentik. Creamy tapi nggak bikin eneg. Perfetto!

4.Dining Room at Park Hyatt Jakarta

Jika mencari dengan kata kunci tiramisu di My Trip Advisor, maka Dining Room at Park Hyatt Jakarta muncul di urutan pertama dengan total 620 ulasan. Tiramisu menjadi salah satu signature resto ini dengan rasa yang enak, lembut, dan meleleh seperti lava. Cookiners bisa datang ke Park Hyatt Jakarta di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

5.Patio Venue & Dining by Plataran

Berlokasi di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, bistro ini menyajikan beragam home cooking Italia yang lezat dan otentik. Tiramisunya terbuat dari espresso, mascarpone, dan ladyfinger premium sehingga setiap lapisannya terasa sangat pas di lidah. Di sini, kamu juga bisa memilih duduk outdoor dan mendengarkan live music.

 

Yuk, ajak keluarga menikmati tiramisu weekend ini! Cookiners bisa makan bersama di resto rekomendasi Cookin, atau membuat tiramisu sendiri di rumah dengan resep yang sudah Cookin berikan di dalam artikel ini. Jangan lupa share pengalaman recooknya dengan mention di Instagram @cookin.id.



Sumber: 

https://www.accademiadeltiramisu.com/en/the-origin-of-tiramisu-fact-and-legend/#

https://www.osteriaviastato.com/the-mystery-and-history-of-tiramisu/

https://www.tripadvisor.co.id/Restaurants-g294229-zfd20314-Jakarta_Java-Tiramisu.html

https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/tom-s-by-tom-aikens-hotel-the-langham-jakarta-scbd

https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/mammarosy-kemang?page=2

https://www.daysoftheyear.com/days/tiramisu-day/

https://www.telegraph.co.uk/obituaries/2021/11/02/ado-campeol-father-tiramisu-helped-rich-pudding-become-staple/