Pilihan bumbu dan waktu perendaman yang tepat berpengaruh pada hasil marinasi. | Shutterstock

Tips Marinasi Ayam agar Bumbu Meresap dan Daging Empuk

author
Ratih Sukma Pertiwi
Rabu, 22 Mei 2024 | 22:32 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Jika bisa membuat bumbu marinasi sendiri di rumah, mengapa harus beli? Langkah-langkahnya cukup mudah dan hasilnya dijamin lezat, Cookiners!

Marinasi adalah salah satu teknik tradisional dalam mengolah daging, yaitu dengan merendam daging ke dalam larutan garam, minyak sehat seperti minyak zaitun, rempah-rempah, serta asam dari buah atau cuka.

Pada awalnya, metode marinasi digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dan memperpanjang umur simpan. Namun kini marinasi memiliki fungsi tambahan lainnya, yaitu meningkatkan rasa, tekstur, dan kelembutan daging.

Proses marinasi juga ternyata dapat membantu mengurangi kadar karsinogen (zat yang dapat meningkatkan risiko kanker) pada makanan yang kita olah dengan teknik bakar atau panggang.

Jenis Bahan untuk Marinasi

Menurut situs Eating Well, setiap bahan yang digunakan untuk marinasi memiliki fungsi masing-masing untuk menghasilkan ayam dengan bumbu meresap dan tekstur daging yang empuk.

Garam

Selain penambah rasa, garam akan membantu bumbu/rempah lebih meresap ke dalam seluruh jaringan daging dan mempertahankan kelembapannya. Prosesnya, garam akan memecah protein daging lalu membuat celah-celah kecil yang diisi oleh bumbu marinasi, sehingga daging menjadi lebih lembap dan juicy.

Garam juga mengendurkan serat otot daging ayam sehingga lebih empuk. Selain garam, bahan marinasi asin lain yang bisa Cookiners gunakan adalah miso, kecap, atau kecap asin.

Rempah-Rempah

Menambahkan rempah-rempah segar ataupun kering ke dalam bumbu marinasi dapat meningkatkan rasa daging ayam setelah dimasak. Ketumbar, lada, cabai bubuk, jintan, bawang putih bubuk, basil, atau oregano adalah contoh rempah-rempah yang bisa Cookiners tambahan pada bumbu marinasi ayam.

Baca juga: Variasi Marinasi Ayam

Minyak/Lemak

Minyak/lemak memainkan peran penting dalam proses marinasi, yaitu membantu mentransfer rasa yang larut ke dalam daging, juga mempertahankan kelembapannya. Minyak/lemak untuk marinasi, antara lain minyak zaitun, minyak wijen, yogurt, atau mayones.

Asam

Asam membantu memecah protein padat sehingga daging lebih empuk dan bumbu marinasi meresap sempurna pada daging ayam. Asam juga dapat menambah rasa segar dan tajam. Beberapa unsur asam yang paling umum digunakan sebagai rendaman marinasi, antara lain jus jeruk, cuka, dan cuka apel.

Rasa Manis

Menambah sedikit rasa manis ke dalam bumbu marinasi bisa membantu bumbu semakin meresap. Orang sering menggunakan madu, saus barbeque, atau saus tomat sebagai penambah rasa manis.

Penggunaan bahan-bahan di atas tentu bisa disesuaikan dengan resep dan bumbu lain yang ingin Cookiners gunakan.

Sebelum dimarinasi, keringkan permukaan ayam menggunakan tisu. | Shutterstock

Tips Marinasi Ayam agar Bumbu Lebih Meresap

Selain bumbu-bumbu di atas, Cookiners juga perlu mengetahui tips marinasi ayam agar bumbu lebih meresap dan tekstur dagingnya empuk.

1.Daging dipotong lebih kecil

Semakin kecil daging ayam maka kesempatan bumbu untuk meresap ke dalam lebih besar. Jika Cookiners berencana marinasi ayam dengan potongan yang lebih besar maka diperlukan waktu perendaman yang lebih lama dan bumbu marinasi yang lebih banyak.

2.Buang kulitnya

Membuang kulit ayam juga memungkinkan bumbu marinasi langsung meresap ke dalam daging, bukan menempel pada kulit.

3.Tusuk atau sayat

Menusuk-nusuk daging ayam menggunakan garpu akan menciptakan lubang-lubang kecil sehingga bumbu marinasi bisa semakin meresap ke dalam daging ayam. Selain ditusuk, Cookiners juga bisa menyayat daging ayam menggunakan pisau

4.Lumuri seluruh permukaan

Pastikan Cookiners membuat bumbu marinasi dalam jumlah yang cukup banyak agar memberikan hasil yang maksimal. Jika bumbu marinasi berupa cairan, pastikan semua bagian ayam terendam. Jika bumbu marinasi bertekstur pasta atau kering, pastikan semua permukaan ayam terlumuri, lalu cubit atau remas untuk membantu bumbu semakin meresap.

Tonton videonya: A-Z Cara Marinasi

5.Marinasi sesuai jenis bumbu dan bagian ayam

Anggapan semakin lama dimarinasi semakin bumbu meresep, tidak sepenuhnya benar. Daging ayam yang terlalu lama dimarinasi justru teksturnya menjadi lebih lembek dan ketika matang menjadi lebih keras.

Dirangkum dari berbagai sumber, daging ayam memerlukan waktu marinasi minimal 30 menit, tergantung jenis bumbu dan bagian daging ayam yang digunakan. Penggunaan bumbu asam seperti cuka dan jeruk, lebih cepat mengempukkan ketimbang bumbu krim yang kental seperti mayo atau yang berbahan dasar buttermilk.

Breana Lai Killeen, M.P.H., RD dalam situs Eating Well memberi patokan waktu marinasi sebagai berikut:

-Bagian potongan ayam tanpa tulang: 30 menit – 2 jam (bumbu asam) atau 8 jam (bumbu krim kental)

-Bagian dada ayam utuh, stik drum, sayam, paha: 1 – 12 jam (bumbu asam) atau 24 jam (bumbu krim kental)

Gunakan wadah atau plastik yang tertutup rapat saat disimpan di lemari es. | Shutterstock

6.Simpan di lemari es dengan wadah tertutup rapat

Simpan daging ayam yang sedang dimarinasi di dalam lemari es. Membiarkannya di suhu ruang akan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Untuk mencegah kontaminasi bakteri, Cookiners sebaiknya menggunakan wadah yang tertutup rapat atau kantong plastik dengan ziplock.

Baca juga: Beragam Cara Membuat Minyak Kulit Ayam, Mana yang Terbaik?

7.Gunakan bumbu marinasi sebagai saus pelengkap

Jika bumbu marinasi masih tersisa banyak, Cookiners bisa memasaknya hingga matang lalu gunakan sebagai saus pelengkap.

Jika menggunakan teknik grill atau panggang, Cookiners bisa mengoleskan bumbu marinasi pada daging ayam di awal memasak. Jangan oleskan bumbu marinasi menjelang daging ayam selesai di-grill atau dipanggang. Bumbu marinasi harus dimasak sampai matang terlebih dahulu karena bumbu tersebut sudah terkontaminasi dengan daging ayam mentah.

 

Selamat mencoba, Cookiners!



Sumber:

https://www.eatingwell.com/article/17531/how-to-marinate-chicken/

https://www.myrecipes.com/how-to/marinating-guide

https://ottogrills.com/blogs/post/spicy-how-to-marinate-meat

https://www.campbellsmeat.com/blog/guide-to-marinades-and-how-to-marinate