Alpukat yang matang sempurna, teksurnya empuk dan creamy. | Shutterstock

5 Cara Mudah Bikin Alpukat Cepat Matang, Mana yang Terbaik?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 20 Mei 2024 | 13:26 WIB

Penulis: Sri Isnaeni

Memilih alpukat yang matang memang gampang-gampang susah. Nah, kalau Cookiners membeli alpukat yang masih mentah, ada beberapa cara membuat alpukat cepat matang.

Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki rasa lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi. Daging alpukat yang lembut bisa dinikmati dalam berbagai cara seperti dibuat smoothie, dijadikan isian sandwich, topping makanan, hingga minuman.

Alpukat terkenal memiliki kandungan lemak tak jenuh (lemak sehat), serat, vitamin C dan K, riboflavin, kalium, zat besi, dan folat sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, membantu mengontrol berat badan, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan pencernaan.

Ciri-Ciri Alpukat Matang

Terlepas dari rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang tinggi, memilih alpukat yang matangnya pas dan siap dinikmati adalah hal yang menantang. Jika alpukat masih mentah, Cookiners harus menunggu beberapa hari untuk mengonsumsinya.

Sebaliknya, jika memilih alpukat yang sudah terlalu matang, hanya ada sedikit waktu  untuk mengolahnya sebelum daging alpukat menjadi cokelat dan tekstur creamy-nya berubah menjadi sangat lembek.

Baca juga: Avokad Cheese, Cara Seru Menikmati Alpukat

Lalu bagaimana cara mengetahui alpukat sudah matang dan siap dimakan atau diolah bersama bahan lainnya?  Berikut ciri-ciri alpukat matang:

1.Pilih yang bagian kulitnya berwarna hijau tua hingga hampir hitam

Alpukat yang matang akan memiliki kulit berwarna hijau tua atau hampir hitam. Sayangnya, kebanyakan pedagang menjual alpukat dengan kulit berwarna hijau terang. Artinya, alpukat belum siap untuk dinikmati dan memerlukan beberapa hari untuk menunggunya matang.

2.Rasakan kulit yang bergelombang

Alpukat yang matang akan memiliki kulit yang bergelombang, sebaliknya alpukat yang memiliki kulit mulus tanpa bertekstur, kemungkinan daging buahnya masih mentah dan keras.

3.Sedikit empuk saat ditekan

Alpukat yang sudah matang, ketika ditekan dengan lembut akan terasa sedikit empuk namun tidak meninggalkan lekukan atau terasa lembek. Jika lembek, kemungkinan besar alpukat sudah terlalu matang.

4.Batang mudah lepas

Sisa batang bisa menjadi tanda kematangan alpukat. Jika batang mudah dilepaskan atau terasa longgar ketika digerakkan, itu tandanya alpukat sudah matang dan siap disantap. 

Sebaiknya beli alpukat yang masih memiliki sisa batang menempel di atasnya. Sisa batang ini sangat penting untuk menjaga kualitas bagian dalam buah tetap lembap dan mencegah oksidasi.

Tonton Videonya: Es Alpukat Kocok Krim Gula Aren Ini Dijamin Jadi Dessert Favorit

Metode mematangkan menggunakan tisu dan selotip. | Shutterstock

Cara Mematangkan Alpukat dengan Cepat

Mengingat umur alpukat yang telah matang sangat pendek, kebanyakan alpukat dijual dalam kondisi mentah atau setengah matang. Nah, jika Cookiners membeli alpukat mentah namun ingin cepat menikmatinya, berikut beberapa cara mematangkan alpukat dengan cepat:

1.Diperam dalam beras

Ini adalah cara konvensional yang paling banyak digunakan, yaitu dengan memeram alpukat hingga terpendam sepenuhnya dalam beras, lalu cek setiap hari untuk mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan.

2.Didiamkan di suhu ruang

Cara yang paling mudah mematangkan alpukat adalah dengan hanya meletakkannya di suhu ruang, misalnya di atas kabinet dapur atau di dekat jendela. Dikutip dari situs thekitchn.com, hanya butuh waktu sekitar 2 hari untuk mematangkan alpukat dengan metode ini.

Baca juga: 8 Rahasia Membuat Scrambled Egg yang Fluffy dan Lembut

3.Menggunakan tusuk gigi

Cara ini juga terbilang simpel, Cookiners hanya perlu menyiapkan satu batang tusuk gigi lalu tusuk bagian atas alpukat hingga menyentuh biji di bagian dalam. Diamkan selama 1-2 hari di suhu ruang.

4.Rekatkan dengan tisu dan selotip

Potong sedikit bagian atas atau ujung alpukat yang masih mentah kemudian tempelkan tisu di atasnya. Rekatkan tisu dengan selotip atau lakban agar semua bagian yang tanpa kulit tadi tertutup, kemudian letakkan di suhu ruang.

Pisang mengandung etilen yang membuat alpukat cepat matang. | Shutterstock

5.Simpan bersama pisang atau apel

Pisang dan apel menghasilkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan alpukat. Jika ingin lebih cepat, Cookiners bisa menyimpan alpukat bersama pisang atau apel di dalam paper bag atau dibungkus koran.

Setelah alpukat matang, pindahkan ke lemari es untuk memperlambat proses pematangan dan mencegah busuk. 

 

Nah, dari sekian banyak cara, mana yang paling berhasil? Beberapa situs kuliner merekomendasikan metode menyimpan alpukat bersama pisang dalam paper bag sebagai cara tercepat mematangkan alpukat.

Kalau Cookiners, mau mencoba cara yang mana? Setelah mencoba, jangan lupa share pengalaman Cookiners dengan mention Instagram @cookin.id ya! 

 

Sumber:

https://www.marthastewart.com/7845759/how-choose-avocado-ripening-tips

https://www.eatthis.com/how-to-choose-best-avocado/

https://www.halodoc.com/artikel/7-nutrisi-hebat-alpukat-untuk-kesehatan

https://thewildolive.org/how-to-pick-a-good-avocado/

https://www.sayurbox.com/blog/tips-mematangkan-alpukat-dengan-cepat

https://www.thekitchn.com/best-way-to-ripen-an-avocado-skills-showdown-23325198

https://www.eatingwell.com/article/2061904/how-to-ripen-an-avocado/#:~:text=Put%20an%20avocado%20in%20a,speed%20up%20the%20ripening%20time